Advertisement

PIALA ASIA 2019: Sempat Cukur Thailand, India Malah Tersingkir

M. Syahran W. Lubis & Budi Cahyana
Selasa, 15 Januari 2019 - 10:55 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA 2019: Sempat Cukur Thailand, India Malah Tersingkir Stephen Constantine - Reuters/Satish Kumar

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Stephen Constantine melundur dari jabatan Pelatih India gara-gara kegagalan melaju ke 16 besar Piala Asia 2019.

India secara tak terduga kandas di penyisihan grup setelah kalah dari Bahrain 0 - 1 di laga terakhir Grup A Piala Asia 2019 Selasa (15/1/2019) dini hari WIB.

Advertisement

Jika bermain seri melawan Bahrain, India akan melaju ke fase gugur dengan perolehan empat angka, hasil kemenangan atas Thailand dan imbang melawan Bahrain.

Namun, tndangan penalti pemain Bahrain Jamal Rashed di menit terakhir pada pertandingan di Sharjah tersebut, membuat India harus mengepak koper lebih awal. Musababnya, di laga lain Thailand bermain imbang dengan Uni Emirat Arab. India pun hanya mengumpulkan tiga angka karena kalah dua kali, sebelumnya dari Uni Emirat Arab.

Sementara, Thailand yang di laga pembuka grup kalah 1-4 dari India malah melaju sebagai runner up Grup A berkat hasil seri dengan Uni Emirat Arab dan kemenangan 1-0 atas Bahrain beberapa hari lalu. Bahrain juga lolos ke fase gugur sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik berkat kemenangan atas India dan hasil seri dengan Uni Emirat Arab. Adapun Uni Emirat Arab menjadi juara grup dengan koleksi lima angka, hasil kemenangan atas India dan dua kali seri melawan Bahrain dan Thailand.

"Stephen Constantine telah menyatakan pengunduran dirinya sebagai pelatih kepala timnas India. Kami belum menerima penyampaian resmi dari dia, tapi kami dapat menerima keputusannya, dan kami berterima kasih atas kontribusinya pada sepak bola India," kata Sekjen Federasi Sepak Bola India (AIFF) Kushal Das, seperti dilansir Indian Express.

Pelatih asal Inggris itu sudah dua kali periode menangani Timnas India. Pertama pada 2002-2005, kemudian dia kembali lagi pada 2015, menggantikan pelatih asal Belanda Wim Koevermans.

Di bawah asuhan Constantine, sepak bola India terus mengalami kemajuan, khususnya dalam peringkat FIFA yang mencapai 100 besar.

Di Piala Asia 2019, tim India sempat membuat kejutan dengan mengalahkan Thailand 4 - 1, namun kemudian kalah 0 - 2 dari Uni Emirat Arab dan dari Bahrain 0-1.

"Saya sudah berada (di India) selama 4 tahun. Target saya adalah lolos ke Piala Asia, dan saya telah melakukannya. Kami telah mencatat sejumlah rekor dan saya bangga kepada para pemain atas upaya yang telah mereka lakukan," kata pria 56 tahun itu.

"Saya rasa kiprah saya sudah selesai," tambahnya kepada wartawan di Uni Emirat Arab.

Menurut Constantine, kegagalan lolos ke 16 besar Piala Asia ini adalah sebuah realita yang harus diterima, meskipun cukup menyakitkan baginya dan bagi para pemainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terbukti Terima Suap, 3 Eks Pejabat DJKA Divonis Bui dan Uang Pengganti Total Rp2,5 Miliar

News
| Senin, 11 Desember 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement