Advertisement

Kekeliruan Favre Memilih Pemain Menjadi Penyebab Dortmund Kalah Telak dari Bayern

Hanifah Kusumastuti
Minggu, 07 April 2019 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Kekeliruan Favre Memilih Pemain Menjadi Penyebab Dortmund Kalah Telak dari Bayern Bayern Munchen versus Borussia Dortmund - Reuters/Kai Pfaffenbach

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pelatih Borussia Dortmund Lucien Favre keliru memilih pemain sehingga timnya dibabat Bayern Munchen 0-5 dalam laga pekan ke-28 Bundesliga 201802919 Allianz Arena, Munich, Sabtu (6/4/2019) malam WIB. Kekalahan lima gol tanpa balas memnuat Die Borussen dikudeta Bayern dari singgasana klasemen sementara.

Apa yang sebenarnya membuat Dortmund seperti macan ompong di Allianz Arena? Salah satu yang menjadi sorotan yang keputusan Pelatih Dortmund, Lucien Favre, dalam menentukan line up. Secara mengejutkan Favre lebih memilih Mahmoud Dahoud ketimbang Mario Gotze sebagai starter di barisan serang.

Advertisement

Bukan hanya pos tersebut yang dirasa jaggal. Favre juga memainkan bek veteran Lukasz Piszczek di sisi kanan pertahanan timnya. Bek berusia 33 tahun itu terlihat kesulitan menghadapi kelincahan penyerang sayap Bayern, Kingsley Coman. Berkali-kali Piszczek kalah kecepat ketika berduel dengan pemain Timnas Prancis tersebut.

Kekeliruan paling mencolok adalah memainkan Dan Axel Zagadou sebagai bek tengah. Pemain belakang yang posisi naturalnya bek kiri itu kelimpungan dan berperan besar atas gol kedua Bayern yang dicetak Robert Lewandowski dan gol keempat Bauern yang dicetak Serge Gnabry. Zagadou salah mengumpan sehingga Lewandowksi bisa mencetak gol serta gagal menyundul bola sehingga Gnabry bisa meneruskan pesta Die Roten. Di jeda pertandingan ketika Dortmund sudah kalah 0-4, Zagadoun diganti gelandang Julian Weigl.

"Setelah laga, mudah mengatakan tidak bagus tidak memberikan Mario Gotze starter, namun saya tidak tahu apakah akan lebih bagus [jika dia main sebagai starter] dengan sistem lain. Piszczek melakukan tugas dengan baik, namun mungkin terlalu dini, jelas kami kehilangan peluang, ini memalukan," jelas Favre menanggapi line up pilihannya, seperti dilansir kicker.de.

Permainan Dortmund mulai membaik di babak kedua. Favre memasukkan Gotze menggantikan Mahmoud pada menit ke-62. Dia juga menarik keluar Piszczek ke bench untuk digantikan bek berusia 23 tahun, Marius Wolf, sekitar tujuh menit kemudian.

"Kami bermain dalam bencana, pertahanan yang penuh bencana. Saya jujur tidak punya penjelasan akan hal itu, kami nol tekanan dan Bayern lebih baik, Anda harus akui itu," ujar kapten Dortmund, Marco Reus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement