Advertisement

Gattuso Ubah Formasi karena Tak Ada Pemain Lagi

Newswire
Kamis, 04 Februari 2021 - 20:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Gattuso Ubah Formasi karena Tak Ada Pemain Lagi Gennaro Gattuso - Twitter@acmilan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelatih Napoli Gennaro Gattuso mengatakan ia melakukan perubahan formasi timnya saat melawan Atalanta pada Piala Italia karena keterbatasan pemain yang tersedia.

Napoli bermain imbang tanpa gol saat menjamu Atalanta pada leg pertama semifinal Piala Italia, Kamis (4/2/2021), diĀ  Stadion San Paolo. Pada laga tersebut, Napoli menggunakan formasi 3-4-3 yang tidak biasa mereka mainkan.

Advertisement

"Kami mengubahnya (formasi) ke 3-4-3, namun juga harus membuat beberapa pilihan, sebab Piotr Zielinski dan Eljif Elmas kelelahan dan kami harus mengistirahatkan mereka pada satu titik," kata Gattuso kepada RAI Sport.

"Tes kami memperlihatkan banyak pemain yang tidak bugar 100 persen. Tiemoue Bakayoko, Stanislav Lobotka, dan Diego Demme tidak dapat bermain sebagai mezz'ala (pemain half wing), maka kami harus melakukan sesuatu," tambahnya.

Itu merupakan pertama kalinya Napoli menggunakan formasi tiga bek di pertandingan kompetitif sejak Mei 2013.

"Saya melihat Atalanta sedikit kesulitan saat menghadapi pertahanan berisi tiga pemain, maka kami mencobanya pada satu hari latihan, dan itu berjalan dengan baik," ujar Gattuso.

Sang pelatih juga tidak menutup kemungkinan untuk kembali menggunakan formasi tersebut pada pertandingan-pertandingan di masa yang akan datang. Namun tentu saja, ia akan mempertimbangkan pemain yang tersedia, kondisi yang dialami para pemain, dan karakteristik para pemain.

Pada pertandingan melawan Atalanta, Hirving Lozano dimainkan sebagai false 9, sedangkan di posisi samping terdapat Matteo Politano dan Lorenzo Insigne. Sayangnya, mereka tidak banyak menciptakan peluang.

"Menurut saya Politano dan Lozano semestinya sedikit lebih dekat dengan Insigne. Saya tidak dapat memainkan Andrea Petagna sejak awal, jika ia cedera apa yang akan kami lakukan? Apakah saya dan Anda akan mengenakan kaus dan bermain? Kami tidak punya pemain lagi," keluh Gattuso.

"Insigne memiliki masalah di betisnya, itu menyakitkan dan kami akan mengevaluasinya besok. Dries Mertens masih di Belgia, dan itu akan sedikit membutuhkan lebih banyak waktu. Fabian Ruiz masih positif COVID-19, namun jika saya tidak salah besok adalah hari ke-21 sejak ia pertama kali kedapatan positif, maka ia dapat meminta izin untuk berlatih sendirian di lapangan dan meninggalkan rumahnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan Paket Ganja via Ekspedisi Berhasil Digagalkan, Ini Kronologinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement