Advertisement

Atasi Kolombia Lewat Adu Penalti, Argentina Lolos ke Final Copa America 2021

Oktaviano DB Hana
Rabu, 07 Juli 2021 - 10:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Atasi Kolombia Lewat Adu Penalti, Argentina Lolos ke Final Copa America 2021 Kapten Timnas Argentina Lionel Messi merayakan kemenangan atas Kolombia di semifinal Copa America 2021 - Twitter/@CopaAmerica

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Argentina memastikan lolos ke final Copa America 2021 setelah mengalahkan Kolombia dalam drama adu penalti di  laga semifinal.

Pertandingan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti itu lantaran pada 90 menit waktu normal skor laga yang digelar Stadion Brasilia, Brasil, Rabu (7/7/2021) pagi WIB itu berakhir 1-1.

Advertisement

Dalam laga itu, Argentina unggul cepat atas Kolombia. Gol Tim Tango dicetak Lautaro Martinez pada menit ke-7 setelah menerima umpan tarik dari Lionel Messi yang sebelumnya mendapatkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti.

Ini merupakan umpan kunci atau assist kelima Lionel Messi di turnamen Copa America 2021. Tidak ada tambahan gol tercipta hingga akhir laga ini.

Pada babak kedua, Kolombia mencetak gol penyama kedudukan melalui Luis Diaz pada menit ke-62. Melalui skema serangan balik, Diaz mendapat umpan tendangan bebas dari area pertahanan sendiri yang dilakukan Edwin Cardona.

Pemain FC Porto ini kemudian berlari menyusuri sisi kanan pertahanan Argentina tanpa mampu dihalau bek dan akhirnya memperdaya kiper Emiliano Martinez dengan sontekannya.

Tidak ada lagi tambahan gol tercipta hingga wasit asal Venezuela, Jesus Valenzuela, meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Pertandingan langsung dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Penendang pertama kedua tim, yakni Lionel Messi dan Juan Cuadrado, berhasil mencetak gol, sedangkan penendang kedua yakni Rodrigo de Paul dan Davinson Sanchez gagal.

Pemain Argentina Dani Paredes berhasil melesakkan tendangan ketiga, tetapi Yerry Mina membuat publik Kolombia kecewa setelah gagal mengeksekusi penalti.

Eksekutor keempat masing-masing negara yakni Lautaro Martinez dan Miguel Borja berhasil mencetak gol. Sayangnya, Edwin Cardona yang melakukan eksekusi penalti kelima Kolombia gagal.

Adapun, tiga sepakan penalti pemain Kolombia yang gagal dalam laga ini dibaca arahnya dengan baik dan ditepis oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez.

Dengan hasil ini, Argentina akan menghadapi Brasil yang terlebih dahulu sudah memastikan satu tempat di final Copa America 2021 yang akan digelar di Stadion Maracana, Sabtu (10/7/2021).

Brasil mengalahkan Peru 1-0 pada semifinal di Rio de Janeiro, Senin waktu setempat (Selasa WIB) berkat gol pada menit ke-35 dari Lucas Paqueta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari HAM jadi Pengingat Pentingnya Rasa Saling Menghormati di Atas Keberagaman

News
| Minggu, 10 Desember 2023, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement