Advertisement

Kecepatan Mobil Formula E Bisa Tembus 280 Km per Jam, Begini Spesifikasi Lengkapnya

Muhammad Ridwan
Jum'at, 27 Mei 2022 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
Kecepatan Mobil Formula E Bisa Tembus 280 Km per Jam, Begini Spesifikasi Lengkapnya Sirkuit Formula E Jakarta di kawasan Ancol Jakarta Utara. Arena balapan mobil listrik tunggal tersebut sudah mulai diaspal, Jumat (19/5/2022). JIBI - Bisnis/Pernita Hestin Untari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mobil yang digunakaan untuk ajang balapan Formula E terus mengalami perkembangan. Hingga saat ini, setidaknya telah lahir mobil balap generasi kedua yang telah lebih canggih jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Pada mulanya, mobil yang digunakan untuk balapan Formula E menggunakan generasi pertama atau dinamai dengan Gen 1. Namun, karena kapasitas baterai yang digunakan tidak terlalu besar, maka di tengah balap harus dilakukan pergantian kendaraan untuk melanjutkan hingga ke garis putaran akhir.

Advertisement

Namun, perkembangan yang dilakukan cukup signifikan dengan hal yang paling menonjol pada kapasitas daya penyimpanan baterai yang dua kali lipat dari mobil Gen 1. Hal itu membuat tidak ada lagi pertukaran mobil di tengah-tengah balapan.

Dikutip dari laman resmi FIA Formula E, Jumat (27/5/2022), Mobil Gen 2 memiliki panjang 5.160 milimeter (MM) atau lebih panjang 160 mm dari Gen 1, lebar mobil 1.770 mm atau lebih ramping 10 mm, dan tinggi mobil 1.050 mm.

Seiring dengan bertambahnya kapasitas penyimpanan, bobot mobil Gen 2 lebih berat jika dibandingkan generasi pertamanya yakni dengan total berat mobil 903 kilogram (KG) dengan bobot baterai 385 kg atau lebih berat 20 kg jika dibandingkan dengan Gen 1.

Dari sisi tenaga, Gen 2 memiliki daya maksimal 250 kilowatt (KW) atau setara dengan brake horsepower 335 (BHP) yang tercatat lebih bertanaga jika dibandingkan dengan Gen 1 yang hanya memiliki maksimal daya 200 kw.

Mobil Gen 2 bisa mencapai kecepatan 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,8 detik dengan kecepatan maksimal 280 km per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement