Advertisement

1.118 Atlet Ambil Bagian di Pesonas 2022

Jumali
Senin, 04 Juli 2022 - 10:47 WIB
Jumali
1.118 Atlet Ambil Bagian di Pesonas 2022 Ilustrasi - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG – Sebanyak 1.118 atlet dari 21 provinsi di Indonesia ambil bagian dalam Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022, 3-8 Juli 2022 di Semarang, Jawa Tengah.
Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (Soina) Warsito Ellwein menyampaikan, ajang tersebut diselenggarakan bagi anak-anak bertalenta khusus. Mereka yang ikut serta dalam Pesonas merupakan penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita.
Melalui Pesonas, ia ingin agar anak bertalenta khusus itu tidak “disembunyikan” oleh orang tua atau lingkungan.
“Kami menyebut mereka anak bertalenta khusus, bukan lagi disabilitas intelektual. Kita ingin agar anak-anak ini diberi ruang yang aman, nyaman, guyub dan rukun serta bahagia, agar mereka bisa berkarya, mengembangkan potensi, dan berguna bagi diri sendiri, masyarakat, serta negara,” katanya dikutip dari Jatengprov, Senin (4/7/2022).
Ditambahkan, cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pesonas 2022 terdiri dari 12 cabor. Di antaranya renang, bulu tangkis, bola tangan, bola basket, senam ritmik, tenis meja, sepak bola, futsal, boccee, bola voli, atletik, dan tari olahraga. Adapula, kegiatan nonkompetisi seperti healthy atlet, congress family, neuroscience, dan seni budaya.
Total peserta dalam ajang ini adalah 1.724 orang, yang terdiri dari atlet 1.118 orang, dan sisanya adalah pendamping atau ofisial.
Ia menyebut, ajang ini juga sebagai momentum persiapan di ajang Summer Olympic World Games (SOWG) di Berlin-Jerman 2023. Indonesia, diberi jatah 47 atlet, yang nantinya akan berangkat pada Juni tahun depan.
Warsito mengatakan, sebelum ada Pesonas, ada event serupa bernama Pekan Olahraga Nasional (Pornas). Yang baru di Pesonas, selain cabor yang dipertandingkan, adapula event nonolahraga yang dihelat selama pekan tersebut.
“Jateng dipilih sebagai tuan rumah Pesonas, karena telah banyak menyelenggarakan event serupa baik nasional maupun internasional. Yang kedua kesiapan masyarakat dan pemerintah yang menyambut antusias,” paparnya.
Hal serupa diungkapkan Ketua Pelaksana Pesonas 2022 Ony Suharsono. Ia menyebut, dukungan bukan hanya diberikan di tingkat provinsi.
“Pak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut luar biasa. Pun demikian bupati dan wali kota. Kami juga diundang oleh Wali Kota Semarang untuk welcome dinner bersama perwakilan atlet,” urainya.
Ony menyebut, ajang tersebut akan mengambil tempat di beberapa venue. Seperti Stadion Jatidiri, GOR Sahabat, BPSDMD Jateng, Holy Stadium dan Tri Lomba Juang.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement