Advertisement

Sebelum Bertugas, 1.300 Volunteer APG 2022 Jalani Pelatihan

Ichsan Kholif Rahman
Kamis, 21 Juli 2022 - 23:27 WIB
Jumali
Sebelum Bertugas, 1.300 Volunteer APG 2022 Jalani Pelatihan Logo Asean Para Games (APG) 2022 / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Sebanyak 1.300-an volunteer ASEAN Para Games (APG) 2022 yang akan bertugas 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 menjalani pelatihan di Hotel Solo Paragon pada Kamis (21/7/2022) pagi.

Wakil Ketua Administrasi Pertandingan, Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc), Bayu Rahardian, mengatakan persiapan kali ini menjadi awal sebelum volunteer bertugas sebagai muka APG 2022. Mulai dari peserta tiba di Indonesia bakal berhadapan langsung dengan volunteer.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Inaspoc bakal memberi pelatihan umum seperti implementasi tema APG dan khusus sesuai bagian masing-masing seperti transportasi.

“Mereka di sini tentunya akan diberikan berbagai macam materi secara komprehensif agar siap menerima atlet disabilitas. Semua sifatnya terbuka, ada 6.500 pendaftar dan 1.300 kami terima,” kata dia.

Ia menambahkan penyelenggara memiliki kualifikasi khusus dalam proses seleksi volunteer. Proses seleksi terbagi dalam beberapa tahap dan yang lolos menjadi volunteer merupakan terpilih.

“Bidang khusus seperti kedatangan, transportasi, dan divisi lain. Setelah pelatihan mereka mulai bergerak, pelatihan tiga hari,” kata dia.

Wakil Ketua 3 NPC Indonesia, Sukanti Rahardjo, mengatakan volunteer di Indonesia terkenal baik khususnya ramah dan sikap siap terbantu. Salah satu dari keberhasilan volunteer yakni pelatihan.

“Pelatihan ini tahap awal dan tahap penting. Mentor dari NPC dan pihak-pihak pariwisata. Ada NGO yang bergerak di bidang disabilitas,” kata dia.

Salah seorang volunteer, Arif Sulistyo, 25, warga Mojosongo, Solo, mengatakan sengaja mendaftar sebagai volunteer karena ingin mendapat pengalaman baru. Apalagi dia aktif di bidang olahraga khususnya event internasional. Dia mengaku cara mendaftar sebagai volunter sangat mudah.

“Kalau event internasional baru pertama kali ikut. Saya bertugas di klasifikasi pertandingan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rituxikal, Obat Kanker Asli Buatan Indonesia Kini Resmi Kantongi Izin Edar BPOM

News
| Senin, 30 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Pantai Nglambor, Surganya Biota Laut Gunungkidul

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement