Advertisement

Naturalisasi Amat & Walsh Dipercepat agar Mereka Bisa Main Lawan Curacao

Newswire
Selasa, 30 Agustus 2022 - 05:47 WIB
Budi Cahyana
Naturalisasi Amat & Walsh Dipercepat agar Mereka Bisa Main Lawan Curacao Jordi Amat - KAS Eupen

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej berjanji mempercepat naturalisasi dua pesepak bola, Jordi Amat dan Sandy Walsh, agar mereka dapat memperkuat Timnas Indonesia pada September 2022.

"Kami berharap semua proses selesai dalam dua pekan ke depan," ujar Edward di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Advertisement

BACA JUGA: Polisi Sebut Pengeroyok Suporter PSS Sleman Hingga Meninggal Terkait dengan Suporter PSIM Jogja

Jika sesuai perkiraan, Jordi dan Sandy dapat bermain pada laga persahabatan FIFA melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Wamenkumham akan menghubungi Menteri Sekretaris Negara Pratikno agar proses administrasi naturalisasi yang sesaat lagi bergulir ke Kementerian Sekretariat Negara dituntaskan lebih cepat.

Jordi Amat dan Sandy Walsh  sudah menuntaskan sebagian besar syarat untuk menjadi WNI. Senin (29/8/2022), mereka sudah mendapatkan lampu hijau dari Komisi III DPR RI untuk mendapatkan paspor Indonesia.

"Komisi III DPR RI sudah menyetujui pemberian warga negara kepada dua orang tersebut. Kemudian, proses administrasi membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Saya berjanji untuk setelah ini akan mem-'follow up' kepada Mensesneg, karena proses selanjutnya di Kementerian Sekretariat Negara. Kami berharap tanggal 24 September mereka sudah bisa bermain atas nama Indonesia," tutur Edward.

Laki-laki yang juga Guru Besar Ilmu Hukum Pidana Fakultas Hukum UGM itu menjelaskan, setelah disepakati di DPR RI, berkas administrasi pewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diteruskan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk kemudian diberikan kepada Presiden Joko Widodo.

Kemudian, Presiden akan mengeluarkan Keputusan Presiden untuk pewarganegaraan mereka. "Terakhir, Sandy dan Jordi akan disumpah sebagai WNI. Setelah itu mereka baru bisa bermain untuk timnas Indonesia," tutur Edward.

Harapan serupa juga diutarakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. "Saya kira, mudah-mudahan prosesnya, pembuatan paspornya tidak lama lagi karena tanggal 24 dan 27 September mereka akan diturunkan dalam 'FIFA match day'," tutur Zainudin.

BACA JUGA: Soal Banyak Pemain Timnas U-19 yang Belum Dilepas Klub, Ini Tanggapan PSSI

Jordi Amat, 30 tahun, dan Sandy Walsh, 27 tahun, adalah pesepak bola berposisi bek yang masing-masing berasal dari Spanyol serta Belanda.

Mereka lama berkarier di Eropa. Jordi, seorang bek tengah, sempat memperkuat tim-tim seperi Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Kini, dia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement