Advertisement

Mahfud MD: Peluang Tersangka Baru untuk Tragedi Kanjuruhan Sangat Terbuka

Akbar Evandio
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:37 WIB
Jumali
Mahfud MD: Peluang Tersangka Baru untuk Tragedi Kanjuruhan Sangat Terbuka Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengamini peluang penetapan tersangka baru dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA : Pengurus PSSI Harus Tanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Sangat terbuka peluang itu [tersangka baru], tergantung Polri dan masyarakat, sudah banyak berbicara siapa yang patut diduga jadi tersangka baru, kan setiap hari ada di televisi, ada di koran. Jadi, soal tersangka baru, itu mungkin saja," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (14/10/2022).

Meskipun begitu, Mahfud melanjutkan bahwa TGIPF tidak akan melakukan intervensi terhadap Polri untuk menetapkan tersangka baru. Pasalnya, hal itu dinilainya merupakan tindakan intervensi hukum.

"Menurut kami, kami sudah menulis di laporan tebal itu, tapi kami tahu bahwa polisi lebih tahu untuk mencari itu caranya, karena polisi punya senjata hukum acara," katanya.

Lebih lanjut, Mahfud menilai PSSI merupakan pihak yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan. Pertanggung jawaban tersebut adalah terkait hukum pidana dan moral.

Untuk tanggung jawab moral, TGIPF menyarankan Ketua Umum PSSI dan jajaran Komite Eksekutif untuk mengundurkan diri. Sementara itu, Mahfud juga memastikan bahwa imbas Tragedi Kanjuruhan tidak akan memberikan dampak terhadap Indonesia yang telah resmi dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2023.

“Tidak ada [imbas], karena FIFA sudah menyatakan dan sudah bicara dengan Presiden Indonesia, semua acara tetap berjalan, tidak ada kasus BAN dari fifa dalam kasus tragedi kanjuruhan ini, tidak ada, tetapi ada kesepakatan untuk melakukan transformasi. Pemerintah akan bersama FIFA. itu saja,” pungkas Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement