Advertisement

Mengagumkan, Jepang Balikkan Keadaan dan Kalahkan Jerman

Lukman Nur Hakim
Rabu, 23 November 2022 - 22:12 WIB
Budi Cahyana
Mengagumkan, Jepang Balikkan Keadaan dan Kalahkan Jerman Gol Ritsu Doan ke gawang Jerman. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAJepang tampil mengagumkan dan berhasil mengalahkan Jerman 2-1 di laga Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022). Tertinggal 0-1 hingga babak pertama berakhir, Samurai Biru berbalik unggul berkat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Di babak pertama, Jerman unggul 1-0 lewat tendangan penalti Ilkay Gundogan dan mendominasi permainan. Di babak kedua, situasi berubah. Jepang berhasil keluar dari tekanan dan sangat efektif dalam menyerang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Setelah turun minum, Jerman langsung melakukan gempuran ke pertahanan Jepang lewat Muller dan Gnabry. Sayangnya tendangan Gnarby masih membentur tiang dari Gonda.

Jerman mendapatkan peluang emas ketika serangan balik mereka berhasil menembus pertahanan Jepang. Namun kerja sama antara Raum dan Musiala masih belum dapat menggandakan kedudukan dari Jerman.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Jepang mulai keluar dari tekanan Der Panzer dan membuat tekanan ke wilayah pertahanan dari Jerman.

Keasikan menyerang, Jepang hampir kecolongan gol kedua jikalau tendangan Gundogan hasil umpan dari Musiala tidak membentur tiang sebelah kiri gawang Gonda.

Setelah hampir kocolongan, Jepang kembali melakukan serangan ke lini pertahanan Jerman. Tetapi tendangan dari Takuma Asano masih berada jauh diatas gawang Neuer.

Memasuki 20 menit babak kedua bergulir, kedua tim masih sama sama saling bergantian melakukan serangan.

Puncaknya pada menit ke-70, Jerman berkesempatan membuat gol kedua mereka jikalau empat peluang yang didepan mulut gawang Jepang ditepis oleh Gonda yang malam ini tampil sangat cemerlang dibawah mistar gawang Jepang.

Tidak mau kalah dengan Gonda, Neuer menunjukan kelasnya saat sundulan dari Junya Ito berhasil dimentahkan olehnya dan membuat skor masih 1-0 untuk Jerman.

Jepang akhirnya benar-benar menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Ritsu Doan berhasil menyambar bola muntah hasil tepisan Neuer dari tendangan Takumi Minamino pada menit ke-75.

Setelah berhasil diimbangi oleh Jepang, Der Panzer kembali memulai serangan mereka dengan memasukan amunisi baru salah satunya Mario Gotze.

Saat Jerman tengah asyik menyerang, Jepang malah menggandakan keunggulan lewat tendangan dari Takuma Asano yang berhasil menkonversi umpan dari lini belakang Jepang.

Gol Asano pada menit ke-83 itu membawa tim Samurai Biru berbalik unggul atas Jerman.

Susunan Pemain Jerman vs Jepang

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; David Raum, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Nico Schlotterbeck; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan (Leon Goretzka, 67’); Serge Gnabry, Thomas Muller (Jonas Hofmann, 67’), Jamal Musiala; Kai Havertz.

Pelatih: Hansi Flick

Jepang (4-5-1): Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma, 57’), Kou Itakura, Maya Yoshida, Kiroki Sakai (Takumi Minamino, 75); Wataru Endo, Junya Ito, Takefusa Kubo (Takehiro Tomiyasu, 46’), Ao Tanaka (Ritsu Doan, 71’), Daichi Kamada; Daizen Maeda (Takuma Asano, 57’).

Pelatih: Hajime Moriyasu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKM Center Kota Magelang Dibuka, Jadi Wadah Promosi Pelaku Usaha

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement