Advertisement

Semua Pemain Jerman Tutup Mulut Saat Foto Tim di Piala Dunia 2022, Ini Alasannya

Taufan Bara Mukti
Kamis, 24 November 2022 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
Semua Pemain Jerman Tutup Mulut Saat Foto Tim di Piala Dunia 2022, Ini Alasannya Timnas Jerman jelang lawan Jepang di Piala Dunia 2022 - DFB

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Federasi sepak bola Jerman menjelaskan pose tutup mulut para pemain timnas Jerman di Piala Dunia 2022. Pada sesi foto tim jelang kick-off pertandingan, seluruh pemain Jerman memeragakan pose tutup.

Seluruh pemain, mulai dari kiper dan kapten Manuel Neuer hingga Kai Havertz sang penyerang, kompak menutup mulut mereka.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

DFB, federasi sepak bola Jerman, lantas memberi klarifikasi terkait pose foto tak wajar.

Menurut mereka, hal ini adalah bentuk protes terhadap pembungkaman di Piala Dunia 2022. DFB turut membahas pelarangan memakai ban kapten pelangi "One Love" di Qatar.

"Dengan ban kapten itu, kami ingin memberikan contoh terhadap nilai-nilai yang kami anut di tim nasional: perbedaan dan rasa saling menghormati. Kami ingin berbicara lantang dengan negara lain. Ini bukan pesan politis: Hak asasi manusia adalah hal yang tak bisa dikompromikan," bunyi pernyataan DFB dalam akun Twitter.

"Seharusnya ini bisa berjalan tanpa harus diucapkan. Sayangnya, hingga saat ini tak bisa. Itulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami. Melarang kami menggunakan ban kapten itu sama seperti membungkam mulut kami. Kami berdiri pada pendirian kami," ujar DFB melanjutkan.

Selain melarang ban kapten pelangi digunakan di Piala Dunia 2022, Qatar juga melarang suporter di stadion meminum bir seperti kebiasaan di Eropa.

Qatar juga mendapat sorotan terkait pelaksanaan Piala Dunia 2022 karena dinilai melakukan pelanggaran HAM dalam mengeksploitasi para pekerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Relawan GP Mania Bubar, Bukti Jokowi Tingggalkan Ganjar?

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement