Advertisement

Kalahkan Iran, Amerika Serikat Tantang Belanda di Perdelapan Final Piala Dunia 2022

Andhika Anggoro Wening
Rabu, 30 November 2022 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
Kalahkan Iran, Amerika Serikat Tantang Belanda di Perdelapan Final Piala Dunia 2022 Christian Pulisic mencetak gol ke gawang Iran. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAAmerika Serikat melaju ke perdelapan final Piala Dunia 2022 setelah finis di peringkat kedua Grup B. Amerika berhasil mengalahkan Iran 1-0 di laga terakhir penyisihan grup.

Bermain di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB, Amerika Serikat yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar langsung ngegas dan menggempur pertahanan Iran.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Peluang pertama didapatkan Christian Pulisic pada menit 11, namun sundulan pemain Chelsea itu masih tepat ke pelukan penjaga gawang Iran, Alireza Beiranvand.

Amerika Serikat terus menyerang lewat sisi sayap kanan yang dimotori Sergino Dest. Pada menit 16 terjadi kemelut di depan gawang Iran, tetapi belum bisa dimanfaatkan menjadi gol oleh tim Paman Sam.

Sementara itu Iran yang mempunyai julukan Team Melli mengandalkan serangan balik memaksimalkan kemampuan penyerang, Mehdi Taremi yang bermain di FC Porto. Hingga menit 20 babak pertama, skor Iran vs Amerika Serikat masih 0-0.

Tim Weah mendapat peluang mencetak gol di menit 28, namun sundulannya masih terlalu pelan, padahal dirinya sudah dalam berdiri bebas lolos dari penjagaan pemain Iran.

Weah kembali meraih peluang, sayang bola sepakan kaki kanannya melambung tinggi di atas gawang Iran.

Amerika Serikat akhirnya berhasil menjebol gawang Iran pada menit 39 lewat sontekan kaki kanan Pulisic yang memanfaatkan assist sundulan dari Sergino Dest.

Hasil sementara ini cukup membawa satu kaki Amerika Serikat ada di babak 16 besar karena mengumpulkan nilai lima melewati perolehan angka Iran. Sedangkan Inggris masih memuncaki klasemen Grup B juga dengan nilai lima tetapi unggul selisih gol.

Sisi sebelah kiri pertahanan Iran mendapat incaran. Banyak serangan Amerika Serikat berawal dari sisi tersebut.

Tim Weah sempat mencetak gol di akhir babak pertama namun dianulir karena sudah dalam berada di posisi offside. Hingga pertandingan babak pertama selesai, hasil Iran vs Amerika Serikat 0-1.

Masuk babak kedua, Iran yang harus menyamakan kedudukan untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia mulai menyerang.

Iran punya peluang di menit 52, namun sundulan Saman Ghoddos yang menerima umpan Ramin Rezaeian masih melambung dari gawang Amerika Serikat.

Iran yang banyak didukung suporternya di Stadion Al Thumama terus menyerang pertahanan AS namun hingga menit 63 skor masih 0-1 untuk keunggulan Amerika Serikat.

Jala gawang Amerika Serikat nyaris robek pada menit 63 namun sayang tembakan Saman Ghoddos dari dalam kotak penalti belum bisa membuahkan gol. Bisa dibilang, itu adalah peluang terbaik Iran selama pertandingan melawan AS.

Iran nyaris menyamakan kedudukan, tapi sundulan Morteza Pouraliganji di akhir-akhir pertandingan hanya melenceng tipis dari gawang Amerika Serikat.

Hingga pertandingan berakhir, Amerika Serikat masih tetap unggul 1-0 dan berhak lolos ke babak 16 besar mendampingi Inggris.

Amerika Serikat yang menjadi runner up mengkoleksi lima angka dari dua seri dan sekali menang. Sedangkan Inggris yang menjuarai Grup B mengkoleksi tujuh poin dari sekali seri dan dua kali menang termasuk saat menggulung Wales 3-0.

Lolos ke babak 16 besar, Amerika Serikat yang menjadi runner up Grup B akan menghadapi Belanda usai memuncaki klasemen Grup A.

Sementara itu Inggris yang menjadi juara Grup B akan menantang runner up Grup A yang diisi Senegal.

Iran di pertandingan ini memasang kapten Ali Gholizadeh dengan Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun di lini depan.

Sementara itu Amerika Serikat yang diasuh, memainkan Gregg Berhalter Christian Pulisic bersama Tim Weah dan Josh Sargent.

Klasemen akhir Grup B Piala Dunia 2022:

#TimMNMSKMGKGSGP
1312092+77
2312021+15
3310047-33
4302116-52

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demo Aremania Ricuh, Polisi: Ada 3 Orang Alami Luka-Luka

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement