Advertisement

Libas Kosta Rika, Jerman Tersingkir, Dejavu Piala Dunia 2018?

st22
Jum'at, 02 Desember 2022 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Libas Kosta Rika, Jerman Tersingkir, Dejavu Piala Dunia 2018? Skuat Jerman. - Harian Jogja/Ist - DFB

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kemenangan Jerman atas Kosta Rika dengan skor 4-2 terkesan percuma, kemenangan itu tidak cukup membawa Der Panzer melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia, sebab meski jumlah poin sama dengan Spanyol, ada perbedaan selisih gol yang cukup jauh yakni 6 berbanding 1. Mau tak mau Jerman mesti angkat kaki dari Qatar. 

Seolah mengulang cerita lama, hal serupa juga terjadi di Piala Dunia 2018, langkah mereka terhenti di fase grup setelah menelan kekalahan sebanyak dua kali atas Meksiko dan Korsel, serta satu kemenangan percuma atas Swedia. Bahkan Jerman menempati posisi terbawah di fase grup kala itu. 

Advertisement

Rasa amarah dan kecewa menyelimuti Pelatih Hansi Flick. Ia mengaku sangat kecewa dan turut menyampaikan kekesalannya pada tim. “Ada banyak kesalahan individu dan itu membuat saya sangat marah. Babak pertama membuat saya amat kesal dan saya bilang ke tim bahwa saya kesal," kata dia, dilansir dari The Guardian

BACA JUGA: Jepang dan Spanyol ke 16 Besar, Jerman Tersingkir

Menurut pelatih berusia 57 tahun itu, kesalahan murni datang dari performa skuatnya, jika menilai dari pertandingan dan jumlah gol, baik saat melawan Jepang maupun Spanyol. Manuel Neuer, dkk kurang memanfaatkan peluang di babak pertama pertandingan, dia cukup yakin hasil berbeda akan didapatkan jika mereka menggunakan peluang tersebut. 

Flick pun mengakui skuatnya tidak cukup baik. "Tetapi turnamen hari ini memang bukanlah untuk kami. Kami tidak memiliki efisiensi di turnamen ini dan itulah mengapa kami tersingkir," kata dia. 

Kini Hansi Flick akan fokus memperkuat generasi muda dari hal paling mendasar, selama ini Jerman hanya fokus mencari pemain baru namun melupakan bahwa kemampuan terbaik Jerman ada di kemampuan bertahannya.  

Pada sisi lain Spanyol dan Jepang masih bertahan di Piala Dunia melaju ke babak 16 besar. Di babak tersebut, Spanyol akan bertemu Maroko, sedangkan Jepang akan bertemu Kroasia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement