Advertisement

Selisih Gol Sama, Mengapa Korea Selatan Bisa Singkirkan Uruguay?

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 03 Desember 2022 - 21:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Selisih Gol Sama, Mengapa Korea Selatan Bisa Singkirkan Uruguay? Timnas Korea Selatan menang atas Portugal dan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 - Twitter @WhoScored

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Korea Selatan akhirnya mendapat tiket 16 besar Piala Dunia 2022, setelah berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 2-1.

Meski miliki poin dan selisih gol yang sama dengan Uruguay, Taeguk Warriors naik ke nomor dua klasemen dan lolos ke fase gugur. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pada pertandingan terakhir di Grup H yang berlangsung di Stadium Education City, Jumat (2/12/2022) pukul 22.00 WIB, Korsel sempat tertinggal lebih dahulu dari Portugal.

Cristiano Ronaldo cs unggul lebih dulu lewat gol cepat Horta pada menit ke-5. Tertinggal 0-1, Korea Selatan bermain kian keras. Hingga akhirnya Korea Selatan bisa menyamakan kedudukan lewat gol Kim Young-Gwon. Skor babak pertama berakhir imbang 1-1.

Baca juga: Pendukung Jerman Marah karena Kekalahan Die Mannschaft Dikaitkan dengan Mesut Ozil

Kejutan lagi-lagi datang di masa injury time, saat Korea Selatan mambu mencetak gol keduanya. Berawal dari serangan yang dibangun Son Heung-min dari lini belakang, bola dioper kepada Hwang Hee-chan.

Tendangan keras Hwang dari jarak 18 yard masuk ke gawang Portugal. Gol, papan skor berubah 2-1.

Asisten Pelatih Korea Selatan Sergio Costa mengatakan bahwa hasil itu sangat krusial mengantarkan timnya lolos ke fase 16 besar.

"Kami pantas memenangkan pertandingan ini. Setiap pemain dan setiap anggota staf pelatih berhak menikmati kemenangan ini," katanya dikutip dari Yonhap News Agency pada Sabtu (3/12/2022).

Kemenangan melawan Portugal memang membuat Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner up Grup H. Padahal, Korea Selatan mempunyai poin dan selisih gol dengan Uruguay.

Korea Selatan mempunyai poin 4 hasil sekali kemenangan melawan Portugal dan imbang melawan Uruguay. Sementara Uruguay mempunyai poin 4 setelah mengalahkan Ghana dan imbang melawan Korea Selatan.

Selisih gol kedua tim pun sama. Namun, berdasarkan aturan resmi Piala Dunia 2022 dijelaskan bahwa apabila dalam kasus dua tim dalam satu grup memiliki poin yang sama, maka kriteria penentuan siapa yang berhak lolos ke babak 16 besar adalah sebagai berikut:

- Selisih gol yang unggul, artinya gol yang dicetak dikurangi jumlah kemasukan di semua pertandingan fase grup

- Jumlah gol terbanyak yang dicetak di semua pertandingan grup

- Rekor head to head

- Fair play

- Pengundian

Hasilnya, Korea Selatan lebih banyak mencetak gol di semua pertandingan fase grup dibandingkan Uruguay. Korea Selatan berhasil menjebloskan 4 gol masing-masing dicetak saat melawan Ghana dan melawan Portugal.

Saat melawan Ghana, meskipun kalah, Korea Selatan bisa mencetak dua gol. Kemudian di pertandingan melawan Portugal, dua golnya bisa mengantarkan Taeguk Warriors ke 16 besar.

Sementara, Uruguay hanya mencetak 2 gol di fase grup saat melawan Ghana.

Di babak 16 besar, Korea Selatan mesti menghadapi Brasil yang digelar di Stadium 974 - Ras Abu Aboud, Qatar pada Selasa (6/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Golkar Curiga Ada Pihak Ingin Amandemen UUD 1945

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement