Advertisement

Messi Gemilang dan Bawa Argentina Tantang Belanda di Perempat Final Piala Dunia 2022

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 04 Desember 2022 - 04:07 WIB
Budi Cahyana
Messi Gemilang dan Bawa Argentina Tantang Belanda di Perempat Final Piala Dunia 2022 Lionel Messi. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Lionel Messi, meski tak lagi eksplosif, bermain gemilang saat Argentina menundukkan Australia 2-1 di perdelapan final Piala Dunia 2022, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Argentina ke perempat final untuk menghadapi Belanda.

Bermain di Stadion Ahmed bin Ali, Minggu (4/12/2022), Argentina yang diarsiteki Lionel Scaloni langsung mengurung pertahanan Australia selepas peluit dibunyikan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Australia menumpuk seluruh pemainnya di barisan pertahanan sambil melakukan umpan daerah ke jantung pertahanan Argentina.

Taktik Australia ini ternyata cukup berhasil menahan gempuran para pemain Argentina yang dimotori Lionel Messi.

Hingga menit 15, skor Argentina versus Australia masih 0-0. The Socceroos juga menerapkan permainan keras gua meredam teknik tinggi para pemain Tim Tango.

Belum ada tendangan tepat mengarah ke gawang baik Australia maupun Argentina hingga menit 18.

Pertandingan berjalan dalam tempo yang lambat dan minim peluang. Australia mulai berani mengontrol jalannya pertandingan mulai menit 20.

Lionel Messi akhirnya mencetak gol untuk membuat Argentina unggul atas Australia di menit 35. Messi yang melakukan kerja sama satu-dua sentuhan dengan Nicolas Otamendi menyepak bola dengan kaki kirinya ke kanan gawang.

Usai gol Messi, pertandingan kembali berjalan dalam tempo yang lambat. Australia mencoba membongkar pertahanan Argentina lewat sisi sayap, namun usaha ini belum berhasil hingga babak pertama berakhir. 

Di babak kedua, Julian Alvarez mencetak gol pada menit 57 untuk membuat Argentina unggul 2-0. Berawal dari kesalahan fatal kiper Mathew Ryan yang gagal mengontrol bola di dalam kotak penalti, Alvarez langsung menendang bola hasil 'curian' ke gawang yang kosong.

Australia hingga menit 60 belum menendang tepat sasaran ke gawang Argentina yang dijaga Emiliano Martinez.

Australia berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit 77. Tendangan keras Craig Goodwin membentur pemain belakang Argentina yang membuat Martinez mati langkah.

Pertandingan kembali menjadi hidup setelah Argentina sempat nyaman dengan kedudukan 2-0 atas Australia.

Aziz Behich melakukan aksi solo run yang membelah pertahanan Argentina di menit 81. Sayang tendangannya setelah melakukan aksi tersebut diblok dengan baik oleh Lisandro Martinez.

Kiper Mathew Ryan melakukan penyelamatan gemilang di akhir pertandingan dengan menepis tendangan Lautaro Martinez guna menjaga gawangnya tidak kembali kebobolan. Messi berkali-kali menciptakan peluang lewat operan dan gocekannya. Namun, umpan matangnya kerap tak bisa diubah menjadi gol oleh Lautaro Martinez.

Argentina akhirnya lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Australia dengan skor 2-1. Di babak perempat final, Argentina akan bertemu Belanda yang di pertandingan sebelumnya mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Pelatih Lionel Scaloni di pertandingan ini mengubah susunan pemain Argentina saat bertemu Australia dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Alejandro Gomez menggantikan Angel Di Maria dalam starting XI tim nasional Argentina menemani Lionel Messi dan Julian Alvarez di lini serang.

Sementara itu Australia juga membuat satu perubahan dari pasukannya yang mengalahkan Denmark.

Gelandang Keanu Baccus masuk ke lini tengah untuk menggantikan Craig Goodwing, yang mencetak gol pertamanya di turnamen melawan Prancis.

Graham Arnold tetap memasang Milos Degenek untuk posisi bek kanan setelah merotasi Nathaniel Atkinson dan Fran Karacic pada tiga pertandingan terakhir mereka di fase grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Golkar Curiga Ada Pihak Ingin Amandemen UUD 1945

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement