Advertisement

Kalah Adu Penalti Lawan Kroasia, Jepang Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Lukman Nur Hakim
Selasa, 06 Desember 2022 - 01:07 WIB
Budi Cahyana
Kalah Adu Penalti Lawan Kroasia, Jepang Tersingkir dari Piala Dunia 2022 Laga Jepang melawan Kroasia di 16 besar Piala Dunia 2022. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jepang gagal melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah kalah adu penaldi melawan Kroasia.

Pertandingan babak 16 Besar antara Jepang kontra Kroasia berlangsung hingga babak tambahan setelah skor sama kuat 1-1 pada waktu normal di Stadion Al Janoub, Qatar, Senin (5/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Memulai babak pertama tambahan waktu, kedua tim langsung bermain lepas dan saling jual beli serangan. Sayangnya belum ada peluang berarti yang mengancam gawang keduanya.

Sepuluh menit jalannya babak pertama tambahan waktu, pertandingan tidak terlalu berubah dengan kedua tim saling jual beli serangan.

Namun, pada menit ke-114 Jepang hampir memecah kebuntuan jikalau tendangan dari Kaoru Mitoma tidak berhasil dimentahkan Livakovic. Sampai peluit babak pertama tambahan waktu dibunyikan, skor masih 1-1 bagi keduanya.

Lanjut pada babak kedua tambahan waktu, permainan tidak banyak berubah dari babak pertama sehingga tidak ada peluang yang membahayakan keduanya.

Memasuki lima menit jelang waktu tambahan selesai, kedua tim sama sama masih ngotot untuk membuat gol kemenangan untuk negaranya. Tetapi, belum ada peluang berarti yang dilancarkan oleh kedua negara ini.

Tidak ada peluang berarti yang dilancarkan kedua tim. Hingga peluit panjang dibunyikan oleh Ismail Elfath skor masih 1-1 bagi kedua tim dan laga akan dilanjut ke babak adu tendangan penalti.

Sebelumnya, pada waktu normal keduanya bermain imbang dengan skor 1-1. Jepang mengubah skor terlebih dahulu lewat sontekan Daizen Maeda pada menit ke-43.

Kroasia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-65 lewat sundulan dari Ivan Perisic yang berhasil mengarah tajam ke gawang dari Shuichi Gonda.

Di babak adu penalti kiper Kroasia Dominik Livakovic menjadi pahlawan. Ia menggagalkan tiga eksekutor Jepang, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Satu-satunya pemain Jepang yang berhasil adalah Takuma Asano.

Sementara itu Kroasia mampu menyarangkan bola lewat Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Pasalic. Hanya satu pemain Kroasia yang gagal mengeksekusi penalti yakni Marko Livaja yang tendangannya membentur tiang.

Dengan hasil ini, Kroasia pun melenggang ke perempat final berkat kemenangan 4-2 atas Jepang di babak adu penalti.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement