Advertisement

Dramatis, Argentina Kalahkan Belanda dan Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022 Hadapi Kroasia

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:37 WIB
Budi Cahyana
Dramatis, Argentina Kalahkan Belanda dan Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022 Hadapi Kroasia Argentina melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Belanda. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Argentina lolos dramatis ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Belanda lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Bermain di Lusail Stadium, Sabtu (10/12/2022), pertandingan Belanda vs Argentina berjalan seimbang dan lebih banyak berlangsung di lini tengah.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pertandingan Belanda melawan Argentina berlangsung keras sejak babak pertama hingga laga usai. Total ada sembilan kartu kuning dikeluarkan wasit di pertandingan ini.

Belanda dan Argentina yang tidak ingin kecolongan gol bermain hati-hati di awal babak pertama. Hingga menit 20, tidak ada peluang yang membahayakan gawang dari kedua tim.

Argentina yang mengandalkan Lionel Messi di lini depan, belum bisa membongkar pertahanan Belanda yang dijaga oleh Virgil Van Dijk.

Sedangkan serangan Belanda yang dimotori Memphis Depay dan dukungan dari Cody Gakpo juga masih suka mandeg di lini pertahanan Tim Tango.

Pada menit 33, akhirnya ada tendangan yang mengarah ke gawang di pertandingan ini.

Gelandang Argentina Alexis MacAllister menyepak bola ke gawang Belanda namun masih terlalu pelan dan bisa diselematkan Andries Noppert.

Tidak selang berapa lama, Argentina akhirnya bisa mencetak gol pada menit 35.

Nahuel Molina yang maju ke depan membantu serangan berhasil mengoyak gawang Belanda lewat sontekan di dalam kotak penalti memanfaatkan asisst jenius dari Messi yang membelah pertahanan Der Oranje.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, tidak ada gol lagi tercipta. Argentina masih unggul 1-0 atas Belanda.

Timnas Belanda harus bermain lebih kreatif di babak kedua demi menciptakan peluang dan mencetak gol agar bisa menyamakan kedudukan.

Masuk di babak kedua, Belanda yang ketinggalan 0-1 memasukkan amunisi baru guna mengejar ketertinggalan gol dari Argentina.

Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal memasukkan Steven Berghuis dan Teun Koopmeiners. Namun usaha ini tidak juga membuahkan hasil.

Lionel Messi nyaris membawa Argentina unggul 2-0 di menit 63 namun bola hasil tendangan bebas melenceng tipis dari gawang.

Penalti! Argentina mendapat hadiah tendangan penalti di menit 71 setelah Marcos Acuna dijatuhkan Denzel Dumfries.

Messi yang maju sebagai penendang dengan dingin menaklukkan Noppert guna membawa Argentina unggul 2-0 atas Belanda.

Wout Weghorst yang baru saja masuk di menit 78 menggantikan Depay mencetak gol di menit 83 lewat sundulan memanfaatkan umpan silang Steven Berghuis.

Belanda terus menekan pertahanan Argentina jelang pertandingan berakhir.

Dramatis, Belanda akhirnya bisa menyamakan kedudukan 2-2 lewat gol Weghorst di menit 101 memanfaatkan asisst tendangan bebas dari Teun Koopmeiners.

Pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Masuk di perpanjangan waktu, Argentina lebih menguasai jalannya pertandingan terutama babak kedua. Sejumlah peluang didapatkan anak asuh Lionel Scaloni termasuk tendangan Enzo Fernandez di akhir-akhir pertandingan yang mengenai mistar gawang.

Namun hingga pertandingan berakhir skor tetap 2-2 dan laga dilanjutkan ke babak penalti.

Argentina lolos ke semifinal setelah mengalahkan Belanda dengan skor 4-3 di babak penalti. Kiper Argentina menjadi pahlawan dengan menepis dua tendangan pemain Belanda.

Argentina akan menantang Kroasia yang mengalahkan Brasil lewat drama adu penalti.

Pertandingan semifinal akan dilaksanakan pada 14 Desember 2022 di Stadion Lusail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement