Advertisement

Persaingan Ketat Perebutan Sepatu Emas Piala Dunia 2022, Messi Menyusul Mbappe

ST-22
Rabu, 14 Desember 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Persaingan Ketat Perebutan Sepatu Emas Piala Dunia 2022, Messi Menyusul Mbappe Selebrasi Lionel Messi setelah Julian Alvarez mencetak gol ketiga Argentina saat pertandingan melawan Kroasia/Reuters - Kai Pfaffenbach

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Capaian tertinggi Piala Dunia adalah piala emas namun FIFA turut memberikan trofi lainnya seperti Man of The Match yang selalu diberikan kepada pemain terbaik dalam setiap pertandingan. Trofi lainnya ialah Sepatu Emas, sebuah penghargaan kepada pemain yang mencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Sebelumnya Mbappe menempati posisi tertinggi sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak yakni 5 gol di Piala Dunia. Namun kini kemenangan Argentina atas Kroasia dengan skor 3-0 membuat Messi berada di posisi yang sama dengan pemain muda Prancis itu.

Advertisement

Hingga kini Messi mencatat rekor terbanyak peraih gelar Man of The Match sebanyak empat gelar, masing-masing di dapat dari laga kontra Meksiko, Australia, Belanda, dan Kroasia selisih satu lebih banyak dari Mbappe.

Persaingan sengit perebutan Sepatu Emas antara Messi dan Mbappe masih berlanjut, melihat Prancis bersama Maroko masih berebut tiket menuju final. Ada pula Olivier Giroud dan Julian Alvarez tampaknya tak mau ketinggalan untuk ikut merebut trofi Sepatu Emas dengan perolehan empat gol.

Baca juga: Hadapi Tahun Politik, Anak Muda Diharapkan Pilah-Pilih Informasi untuk Hadapi Politik Identitas

Penerima Sepatu Emas pada dua edisi Piala Dunia sebelumnya ialah James Rodriguez dengan 6 gol pada Piala Dunia 2014 Brasil dan Harry Kane dengan jumlah gol yang sama pada edisi 2018 di Rusia. Sedangkan penerima Sepatu Emas pertama ialah Guillermo Stabile sebanyak 8 gol bersamaan dengan kemenangan Uruguay di Piala Dunia pertama tahun 1930.

Adapun kriteria penghargaan penghargaan Sepatu Emas Piala Dunia seperti yang tertulis di laman resmi FIFA, yakni sebagai berikut.

1. Trofi Sepatu Emas diberikan kepada pemain yang mencetak gol terbanyak di turnamen
2. Jika dua pemain atau lebih memiliki koleksi gol sama, pemain dengan jumlah assist terbanyak akan menerima penghargaan Sepatu Emas.
3. Jika dua pemain atau lebih dengan jumlah gol dan assist sama, pemain dengan menit bermain paling sedikit akan memenangi trofi Sepatu Emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pria Ini Pura-Pura Temukan Bayi, Padahal Anak Hasil Perselingkuhannya

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement