Advertisement

Drama Adu Penalti, Tim Tango Juara Piala Dunia!

Lukman Nur Hakim
Senin, 19 Desember 2022 - 01:07 WIB
Arief Junianto
Drama Adu Penalti, Tim Tango Juara Piala Dunia! Timnas Argentina. - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Berikut hasil final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis yang berakhir lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 3-3 hingga babak tambahan.

Babak tambahan partai Final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis kembali berajalan di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022).

Advertisement

Kedua tim sama-sama mencetak dua gol di 90 menit jalannya laga sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Dua gol Argentina dicetak oleh Messi dan Di Maria pada babak pertama dan dua gol Prancis dicetak oleh Kylian Mbappe di babak kedua.

Memulai babak pertama di babak tambahan, Argentina langsung mengambil inisiatif serangan ke gawang Prancis. Tetapi belum ada peluang yang terlalu mengancam ke gawang Lloris.

BACA JUGA: Perfect! Messi Jadi Pemain Pertama yang Cetak Gol di Semua Fase Piala Dunia

Memasuki menit ke-96, Argentina kembali mengancam gawang dari Prancis. Namun umpan silang yang diberikan oleh Marcos Acuna tidak ada yang bisa menyambut.

Prancis mendapatkan peluang saat Fofana dilanggar oleh pemain bertahan dari Argentina pada menit ke-100.

Kingsley Coman yang menjadi algojo berhasil mengirim umpan ke jantung pertahanan dari Argentina, tetapi bola tersebut masih berhasil disapu bersih oleh libu pertahanan tim Tango.

Argentina hampir membuat jala dari Lloris bergetar untuk ketiga kalinya pada menit ke-103 lewat pemain pengganti Lautaro Martinez. namun umpan dari Lionel Messi yang disepak oleh Martinez masih membentur kaki dari Dayot Upamecano.

Tidak ada gol tercipta hingga Szymon Marciniak meniup peluit babak pertama di babak tambahan pada partai final Piala Dunia 2022.

Lanjut pada babak kedua di babak tambahan, Argentina langsung mengambil inisiatif serangan ke gawang Prancis.

Buktinya, Argentina kembali membuat gol ketiga mereka pada menit ke-109 lewat Lionel Messi. Berawal dari umpan dari lini tengah Argentina, kerja sama Lautaro Martinez dan Messi berhasil menjebol pertahanan Prancis.

Mendapatkan peluang, Martinez melakukan tembakan ke gawang Prancis, namun berhasil ditepis. Bola muntah berhasil dikonfersi oleh Messi menjadi gol dan membuat Argentina unggul 3-2 atas Prancis.

Prancis sekali lagi menyamakan kedudukan pada menit ke-117. Mbappe mencetak hat-trick pada laga ini dari titik penalti setelah bek Argentina melakukan handball.

Keadaan kembali imbang hingga wasit meniup peluit akhir babak tambahan. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke dalam babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Prancis menjadi penendang lebih dulu. Sepakan Kylian Mbappe sukses bersarang di gawang Emiliano Martinez.

Messi maju sebagai eksekutor pertama Argentina. Dengan tenang La Pulga mengecoh Hugo Lloris dengan tendangan mendatar ke sisi kanan gawang.

Sepakan penalti kedua Prancis dari kaki Kingsley Coman dapat dipatahkan Martinez yang cepat menepis bola ke sudut kanan.

Paulo Dybala yang masuk sebagai pemain pengganti sukses melaksanakan tugasnya. Tendangan pemain AS Roma itu mengarah tepat ke tengah.

Aurelien Tchouameni menjadi penendang ketiga Prancis. Beruntung bagi Argentina, tendangan Tchouameni melenceng dari sasaran.

Leandro Paredes membuat Argentina sangat dekat dengan gelar juara Piala Dunia 2022. Hugo Lloris gagal menangkap eksekusi penalti ketiga Tim Tango.

Randal Kolo Muani membuat harapan Prancis sedikit terjaga setelah tendangannya yang mengarah ke tengah berbuah menjadi gol.

Gonzalo Montiel menjadi penentu kemenangan Argentina atas Prancis berkat sepakan penalti ke sudut kanan bawah. Dengan hasil ini Argentina dipastikan menjadi juara Piala Dunia 2022.

Ini adalah gelar Piala Dunia ketiga bagi Argentina setelah edisi 1978 dan 1986. Sebaliknya, hasil ini membuat catatan kekalahan Prancis di final Piala Dunia bertambah. Terakhir kali Prancis takluk di final Piala Dunia 2006 dari Italia.

Susunan Pemain Argentina vs Prancis

Argentina (4-4-2): Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel, 90'), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico (Paulo Dybala, 120+1'); Rodrigo De Paul (Leandro Paredes, 102'), Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister (German Pezzella, 116'), Angel Di Maria (Marcos Acuna, 64'); Lionel Messi, Julian Alvarez (Lautaro Martinez, 102').

Pelatih: Lionel Scaloni

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris; Jules Kounde (Axel Disasi, 120'), Raphael Varane (Ibrahima Konate, 113'), Dayot Upamecano, Theo Hernandez (Kingsley Coman, 71'); Adrien Rabiot (Youssouf Fofana, 96'), Aurelien Tchouameni, Antoine Griezmann (Eduardo Camavinga, 71'); Kylian Mbappe, Olivier Giroud (Marcus Thuram, 41'), Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani, 41').

Pelatih: Didier Deschamps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement