Advertisement

Bierhoff Mundur, Jerman Tunjuk Rudi Voeller sebagai Direktur Timnas

Newswire
Jum'at, 20 Januari 2023 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Bierhoff Mundur, Jerman Tunjuk Rudi Voeller sebagai Direktur Timnas Rudi Voeller. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Mantan pemain Timnas Jerman, Rudi Voeller ditunjuk sebagai direktur Tim Nasional putra negara ini, kata Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) seperti dikutip AFP, Jumat (20/1/2023). Penunjukan ini dilakukan setelah Jerman gagal dalam Piala Dunia Qatar 2022.

Tugas Voeller adalah meletakkan fondasi bagi keberhasilan Jerman dalam Euro 2024 yang akan dituanrumahi Jerman, kata DFB. Juara dunia empat kali itu tersingkir pada fase grup Piala Dunia untuk kedua kali berturut-turut sampai akhirnya Direktur Tim, Oliver Bierhoff mundur pada Desember 2022.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Voeller akan mengisi posisi yang ditinggalkan Bierhoff itu pada 1 Februari. Penunjukan dia didasarkan atas saran gugus tugas yang dibentuk DFB pada Desember yang di dalamnya juga terdapat Voeller. "Pada diri Rudi Voeller kami telah menemukan orang yang ideal untuk 20 bulan ke depan," kata presiden DFB Bernd Neuendorf.

BACA JUGA: Situasi Kelam Selimuti Timnas Jerman Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Mantan striker produktif Jerman yang kemudian menjadi pelatih itu menikmati status kultus di Jerman. Dia mencetak 47 gol dalam 90 pertandingan timnas Jerman Barat dan Jerman yang delapan di antaranya terjadi dalam Piala Dunia.

Voeller mengangkat Piala Dunia bersama Jerman pada 1990 setelah memenangkan penalti saat timnya menang 1-0 atas Argentina. Dia kemudian melatih tim nasional sampai membawa mereka ke final Piala Dunia 2002 untuk menyerah 0-2 kepada Brazil.

Voeller juga bekerja sebagai direktur olahraga saat membantu membangun Bayer Leverkusen sebagai salah satu klub terbesar di negara itu selama dua masa jabatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement