Advertisement

Harian Jogja

Shin Tae-yong Tersinggung dengan Transfer Marselino dan Ronaldo Kwateh

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 05 Februari 2023 - 04:17 WIB
Sunartono
Shin Tae-yong Tersinggung dengan Transfer Marselino dan Ronaldo Kwateh Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku sedikit kecewa dengan komunikasi antara berbagai pemangku kepentingan terkait dengan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, yang sedang mengurus proses transfer ke luar negeri.

Baik Marselino dan Ronaldo masuk dalam daftar 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta, sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023. Namun Marselino belum lama ini sedang berada di Belgia untuk meneken kontrak dengan klub divisi kedua Liga Belgia KMSK Deinze, sedangkan Ronaldo disebut-sebut sedang berada di Turki untuk mengurus kepindahannya ke salah satu klub negara tersebut.

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

"Saya agak sedikit tersinggung. Kedua pemain itu [Marselino dan Ronaldo] ke luar negeri tanpa ada laporan apa-apa, apalagi kami sedang mempersiapkan Piala Dunia dan AFC juga. Jadi lumayan agak kacau juga jadwal dan rencana saya," kata Shin saat ditemui setelah memimpin latihan timnas U-20 di Jakarta, Jumat.

BACA JUGA : Shin Tae-yong Puas dengan Perkembangan Timnas

Pemusatan latihan kali ini telah memasuki hari kedua. Meski demikian, belum semua pemain yang dipanggil Shin telah bergabung. Beberapa pemain seperti dari Persija Jakarta dan Persib Bandung diketahui masih aktif membela klub masing-masing dalam sejumlah laga Liga 1.

Terkait hal itu, pelatih Shin mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pihak klub, terutama Persib yang berjanji akan segera melepas pemain mereka yang dipanggil ke pemusatan latihan.

"Karena ini ada turnamen dunia ya di bulan Maret, jadi saya minta tolong lah. Saya memang mengerti pihak atau posisi klub seperti apa, tapi ya tolong pengertiannya dari klub agar bisa melepas pemainnya," tutur mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Dari 30 pemain yang dipanggil masuk pemusatan latihan timnas U-20, total Persija Jakarta menyumbang sembilan pemain. Banyaknya pemain yang dipanggil itu sempat membuat pelatih Persija Thomas Doll keberatan. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu meyakini bahwa para pemain asuhannya lebih baik mengikuti kompetisi ketimbang pemusatan latihan.

BACA JUGA : Gagal ke Final Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Minta Maaf

Meski demikian, pada hari pertama pemusatan latihan, terdapat tiga pemain Persija yang telah bergabung, yakni Achmad Maulana Syarif, Barnabas Sobor, dan Resa Aditya Nugraha. Sedangkan Frengky Missa baru bergabung pada Jumat sore.

Lima pemain sisanya yakni Nico Alfriyanto, Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Doni Tri Pamungkas, dan Ginanjar Wahyu masih ditahan oleh Doll. Ferrari sendiri masih menjadi pemain inti saat Persija menghadapi Rans Nusantara pada pertandingan Liga 1 Jumat sore. Sedangkan Cahya, Nico, Ginanjar, dan Dony menjadi pemain cadangan untuk laga tersebut.

Timnas Indonesia U-20 akan mengikuti turnamen Piala Asia U-20 yang berlangsung pada 1 sampai 18 Maret 2023 di Uzbekistan. Pada turnamen tersebut, Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aturan THR 2023 Diumumkan Hari Ini, Batas Pencairan H-7 Lebaran

News
| Selasa, 28 Maret 2023, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Deretan Negara di Eropa yang Bisa Dikunjungi Bagi Pelancong Berduit Cekak

Wisata
| Selasa, 28 Maret 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement