Advertisement

Jakub Jankto Umumkan Dirinya Gay, Didukung Real Madrid, AC Milan, hingga Neymar

Taufan Bara Mukti
Selasa, 14 Februari 2023 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Jakub Jankto Umumkan Dirinya Gay, Didukung Real Madrid, AC Milan, hingga Neymar Jakub Jankto - Instagram @jakubjanktojr.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Gelandang Timnas Republik Cheska Jakub Jankto mengumumkan dirinya adalah gay. Sejumlah klub besar Eropa dan beberapa pemain bintang kompak memberikan dukungan. 

Melalui akun Instagram pribadinya, Jakub Jankto mengunggah pengakuannya dalam bentuk video, Senin (13/2/2023) malam WIB. Jankto mengatakan dirinya punya kelebihan dan kekurangan sebagai seorang manusia dan juga pemain sepak bola.

Advertisement

"Halo, saya Jakub Jankto. Seperti orang lain, saya juga punya kekuatan, kelemahan, keluarga, dan teman-teman. Saya punya pekerjaan yang selalu saya kerjakan dengan sebaik mungkin, dengan keseriusan, profesionalisme, dan gairah," tulis Jakub Jankto dalam unggahannya.

Pemain 27 tahun itu mengatakan dirinya ingin hidup dengan bahagia tanpa adanya diskriminasi terhadap pilihannya menjadi gay.

"Seperti orang lain, saya juga ingin hidup dengan kebebasan, tanpa rasa takut, tanpa praduga, tanpa kekerasan, tapi dengan cinta. Saya homoseksual dan saya tak mau menutupinya lagi," tulis Jankto.

Unggahan Jankto itu memancing banyak komentar dari netizen di Instagram. Hingga Selasa (14/2/2023) sore, sudah ada 193 ribu netizen yang menyukai video Jankto tersebut.

Kurang lebih sudah ada 55 ribu komentar untuk video tersebut. Beberapa di antaranya dari pelaku sepak bola.

Raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, menunjukkan dukungannya terhadap Jankto dalam kolom komentar. El Real membubuhkan komentar berupa emoji hati berwarna putih di samping emoji pelangi. Lewat akun Twitter, AC Milan juga mendukung keputusan Jankto.

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Neymar juga memberikan tanggapannya terhadap pernyataan Jankto.

Bagi Neymar, yang terpenting adalah setiap orang bisa menjalani hidup dengan bebas tanpa adanya diskriminasi.

"Semua orang bebas, prasangka harus dihilangkan, apakah itu homofobia, rasisme, segala bentuk diskriminasi. Saya tidak tahu [bahwa Jankto membuat pengumuman]. Tapi setiap manusia harus bebas melakukan apapun yang mereka inginkan," ucap Neymar.

Jankto tak sendirian. Sebelumnya, pemain Adelaide United Josh Cavallo dan bintang tim junior Blackpool Jake Daniels juga telah mengaku sebagai seorang gay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement