Advertisement

Minat E-Sport Meningkat, Ratusan Pelajar Ikuti Kompetisi Mobile Legends

Sunartono
Sabtu, 25 Februari 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Minat E-Sport Meningkat, Ratusan Pelajar Ikuti Kompetisi Mobile Legends Foto ilustrasi mobile legend. - playstore.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Minat e-sport di kalangan pelajar dan mahasiswa terus meningkat seiring ditetapkannya permainan ini masuk dalam cabang olahraga yang diperlombakan. Sedikitnya 800 pelajar dari berbagai kota di Indonesia mengikuti kompetisi Mobile UTDI Mobile Legends Championship pada Sabtu (25/2/2023). Kegiatan yang digelar di kampus UTDI, Banguntapan, Bantul ini untuk mendorong pencarian bibit unggul atlet e-sport.

Ketua Panitia Kegiatan Arif Abdillah menjelaskan kegiatan itu diikuti sebanyak 138 kelompok yang didalamnya terdapat 800 pelajar dari berbagai kota di Indonesia. Proses babak penyisihan digelar secara online selama empat hari. Kemudian didapatkan kelompk yang masuk dalam tahap 16 besar yang akan bertanding secara live di Kampus UTDI pada Minggu (26/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Komunitas Esports Gunungkidul Segera Miliki Wadah Resmi

“Antusias pelajar sangat tinggi, dari sisi asal pelajar tergolong merata meskipun memang paling banyak dari Jogja. Rinciannya dari DIY ada 95 squad, Jateng 12 squad, Jatim 5 squad, Banten dan Kalbar masing-masing 3 squad. Kemudian DKI, Riau dan Sumut masing-masing 2 squad dan ada dari Bali, Kalteng dan Sulsel,” kata mahasiswa yang juga pegiat komunitas E-Sport ini.

Penanggungjawab Kegiatan Ariesta Damayanti mengatakan pada tahap 16 besar para peserta yang lolos akan datang secara langsung. Meski demikian tidak semuanyanya pertandingan disiarkan secara langsung di akun Youtube.

“Di kampus kami sudah ada komunitas mahasiswa e-sport, mereka sering menggelar kegiatan kompetisi tingkat mahasiswa. Memang peminatnya sangat banyak. Kami mengarahkan mereka agar seimbang antara kegiatan kuliah dengan menekuni bidang ini,” katanya.

Rektor UTDI Totok Suprawoto menyatakan kampusnya memiliki komitmen untuk mendukung pengembangan minat dan bakat generasi muda di bidang e-sport. Di tengah perkembangan teknologi saat ini game memang tidak bisa dipisahkan dari kaum muda. Oleh karena itu harus menjadikan peluang bagi generasi muda baik pelajar maupun mahasiswa untuk berprestasi. Tentunya melalui pendampingan dan pengawasan.  

“Sekarang ini sudah bukan zamannya lagi, jika game dianggap sebagai penghambat prestasi. Menurut kami jangan gunakan game untuk menghambat prestasi, tapi justru gunakanlah game untuk berprestasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement