Advertisement

Semifinal All England 2023: Dramatis, Ahsan-Hendra ke Final!

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 19 Maret 2023 - 09:17 WIB
Sunartono
Semifinal All England 2023: Dramatis, Ahsan-Hendra ke Final! Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan - PBSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hasil semifinal All England 2023, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan vs Liang Wei Keng/Wang Chan akhirnya dimenangkan Ahsan-Hendra sekaligus ke final. Bermain di Utilita Birmingham Arena, Sabtu (18/3/2023) malam, Ahsan/Hendra yang mempunyai julukan the Daddies menang 21-15, 19-21, 29-27.

Diset pertama Ahsan/Hendra menerapkan permainan tidak terlalu cepat. Taktik ini rupanya berhasil dan membuat ganda China tidak bisa mengembangkan permainan.

Advertisement

Ahsan-Hendra unggul 11-6 setelah servis Liang Wei Keng out. Setelah interval, Ahsan-Hendra terus menambah poin. Meski Liang/Wang terus mengajak cepat, Ahsan/Hendra akhirnya bisa menutup set pertama dengan skor 21-15 setelah drop shot tajam Ahsan tidak bisa diambil Wei Keng.

Masuk di set kedua, Ahsan-Hendra kembali menerapkan taktik yang sama dan unggul 6-4 atas Liang/Wang. Tempo lambat dan tidak menaikkan bola membuat Liang-Wang frustrasi, beberapa kali ganda muda ini melakukan kesalahan saat mencoba menyusul poin.

Liang//Wang yang tidak menyerah akhirnya bisa unggul 11-10 setelah berhasil mengajak the Daddies bermain dalam tempo cepat.

Ahsan-Hendra akhirnya bisa berbalik unggul setelah bisa memaksimalkan permainan efektif dan mematikan di depan net 16-13.

Pertarungan semakin sengit setelah Liang-Wang bangkit dan berbalik unggul 18-17 setelah smes keras Ahsan menyangkut di net. Liang/Wang menutup set kedua 21-19 setelah bola netting Hendra menyangkut di net.

Ahsan-Hendra mengincar Wei Keng, beberapa kesalahannya membuat ganda Indonesia unggul 3-1 di awal set ketiga. Jantung semakin tidak aman setelah kedua ganda ini terlibat kejar mengejar poin 6-6, 7-7, 8-8, 9-9. Ahsan-Hendra unggul dua poin 11-9 setelah smes Hendra di depan net tidak bisa dikembalikan Liang-Wang.

Ahsan sempat mendapat perawatan di poin 13-9 setelah siku kanannya berdarah usai mengembalikan bola net. Usai jeda ini, Liang/Wang mendapat momentum hingga mendapat tiga poin dan mendekat 12-13.

Di poin kritis 26-25 giliran Wang Chan yang harus menerima perawatan setelah jarinya berdarah.

Ahsan-Hendra akhirnya lolos ke final setelah menang 29-27.

Sebelumnya, Rehan Kusharjanto-Lisa Ayu Kusumawati gagal ke final setelah takluk dari Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak semifinal dengan skor 17-21, 21-13, dan 13-21.

Rehan-Lisa yang kalah 17-21 di set pertama langsung membalasnya di set kedua. Setelah interval, Rehan-Lisa mengambil lima sampai enam poin beruntun sebelum menutup set kedua dengan skor 21-13.

Masuk di set ketiga, Zheng-Huang langsung memulai dengan agresif dengan unggul 5-2. Namun Rehan-Lisa bisa melampaui poin ganda China. Lisa melakukan tiga kali lucky ball untuk membuat skor menjadi 6-2.

Zheng-Huang yang merupakan ganda campuran nomor satu dunia langsung tancap gas dan unggul 11-8 setelah smes keras Rehan menyangkut di net.

Setelah interval perolehan poin Zheng-Huang tidak lancar karena Rehan-Lisa mendekat dengan skor 10-12. Namun Zheng Si Wei terus melakukan smes keras ke arah Lisa yang tidak bisa dihalau hingga unggul 17-10.

Zheng Si Wei-Huang Ya Qiong akhirnya bisa melaju ke final setelah menang dengan skor 21-13.

Jadwal semifinal All England 2023, Indonesia meloloskan tiga wakilnya yang rencananya akan dimainkan di Utilita Birmingham Arena, Sabtu (18/3/2023) sore WIB.

Ketiga wakil tersebut adalah ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto-Lisa Ayu Kusumawati, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian-Rian Ardianto. Sebelumnya, lima wakil Indonesia tumbang di perempat final.

Jadwal semifinal All England 2023, Rehan-Lisa akan berhadapan dengan ganda campuran nomor satu dunia Zheng Siwei-Huang Ya Qiong dari China. 

Dalam head to headnya, Rehan-Lisa yang biasa disingkat Relis kalah dalam dua pertemuan. Di pertandingan terakhir, Relis takluk dua game langsung 16-21 dan 9-21 di India Open 2023.

Bagi Rehan-Lisa, ini adalah pertamakalinya berhasil menembus  turnamen berkategori BWF Super 1000, yang tercipta pada ajang All England 2023.

Di babak perempat final Rehan/Lisa  mengalahkan pasangan asal Jepang Kyohei Yamashita/Naru Shinoya dengan skor 21-19, 15-21, 21-19, Jumat (17/9).

"Rasanya gila dan senang sekali bisa masuk semifinal Super 1000 pertama kali, terima kasih untuk Allah SWT atas rezekinya buat saya dan Lisa. Juga terima kasih untuk orang tua kami yang selalu mendoakan kami," kata Rehan melalui keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Rehan/Lisa tampil memukau pada pertandingan yang berlangsung selama 76 menit tersebut.

"Kami pernah bertemu di Indonesia Masters jadi tahu kekuatan mereka seperti apa. Di poin-poin terakhir itu saya hanya tinggal menahan fokus saja dan mengambil bola setengahnya. Saat mengejar, poin kami semua dari situ," kata Rehan.

Pada gim ketiga, Rehan/Lisa hampir saja gagal mencetak rekor baru dalam karir bulu tangkis mereka akibat tertinggal 14-18 dari pasangan Jepang.

Namun lagi-lagi Rehan/Lisa bertindak mengejutkan dengan merebut enam poin beruntun dan berbalik unggul 20-18.

"Beruntung lawan di momen itu juga fokusnya agak goyah jadi saya coba mempercepat permainan. Alhamdulillah bisa menang hari ini," ujar Rehan.

Selain Rehan-Lisa, Indonesia meloloskan dua wakil lagi yaitu Ahsan-Hendra dan Fajar-Rian. Ahsan-Hendra yang kerap disapa the Daddies akan bertemu Liang Wei Kang/Wang Chan dari China. Sekadar informasi, Liang-Wang adalah ganda yang menghentikan langkah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di perempat final.

Fajar-Rian atau Fajri juga akan bertemu ganda China, He Ji Ting/Zhou Hou Dong. Fajar-Rian ke semifinal setelah mengalahkan juara bertahan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Hasil Semifinal All England 2023, Jumat (18/3/2023).

Rehan Naufal Kusharjanto-Lisa Ayu  Kusumawati Vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong 17-21, 21-13, 13-21

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan vs Liang Wei Kang/Wang Chan

Fajar Alfian-Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hou Dong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jumlah Aliran Dana ke Tersangka Kasus Timah Masih Ditutup Kejagung, Ini Alasannya

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement