Advertisement

Pria Berusia 90 Tahun Ini Jadi Binaragawan Tertua di Dunia

Lajeng Padmaratri
Minggu, 19 Maret 2023 - 21:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Pria Berusia 90 Tahun Ini Jadi Binaragawan Tertua di Dunia Jim Arrington, pria berusia 90 tahun asal California menjadi binaragawan aktif tertua di dunia. - Guinness Records

Advertisement

Harianjogja.com, LOS ANGELES—Seorang pria tua asal Venice, Los Angeles, California menjadi binaragawan tertua paling aktif di dunia. Pasalnya, pria bernama Jim Arrington itu kini menginjak usia 90 tahun.

Melansir Oddity Central, Jim Arrington masuk ke binaraga ketika dia berusia 13 tahun, dan dia terus melakukannya sejak saat itu. Mulanya, ia masuk ke toko obat dan melihat orang-orang berbadan besar di sampul majalah kebugaran.

Advertisement

Dari situ, dia segera memesan salinan buku oleh George Jowett, orang kuat Kanada, dan mulai melakukan latihan yang dirinci di dalamnya menggunakan bola baja seberat tiga pon milik ayahnya. Itu jelas bukan alat binaraga yang paling berguna, tetapi bola itu membantunya menambah lebih dari 10 pon otot dalam beberapa bulan, jadi dia terus melakukannya.

Kini meskipun tubuhnya jauh lebih rapuh daripada saat dirinya berusia muda, Arrington tidak memiliki rencana untuk menghentikan latihan beban. "Di usiaku, tubuhmu jauh lebih rapuh," kata Arrington dikutip dari Oddity Central.

“Anda harus lebih berhati-hati saat berlatih. Dalam lima tahun terakhir, bisep kiri saya kendor, dan saya juga mengalami sedikit robekan di bisep kanan saya. Ternyata ada masa saat Anda tidak dapat melakukan hal-hal yang dulu dapat Anda lakukan. Ini benar-benar mengecewakan,” lanjutnya.

Ketika dia memulai binaraga, Arrington bermimpi menjadi Mr. America suatu hari nanti, tetapi seiring bertambahnya usia dia menyadari bahwa dia tidak memiliki genetika untuk itu. Dia memiliki tulang ligamen dan otot yang kecil, tetapi dia tidak pernah membiarkan hal itu mematahkan semangatnya. Dia terus berlatih, bahkan di tahun-tahun terakhirnya, ketika banyak binaragawan lain menyerah pada hasrat mereka karena tubuh mereka tidak dapat mengikutinya.

Pada tahun 2018, di usia 85 tahun, dia dianugerahi gelar 'binaragawan pria aktif tertua' oleh Rekor Dunia Guinness, dan dia memegangnya sejak saat itu.

Arrington kini terus bertanding pada kompetisi binaraga di atas usia 80-an. Bahkan, ia telah berusaha meyakinkan penyelenggara untuk membuat kategori di atas usia 90-an. Dia terus berlatih, meski tidak sesering atau seberat yang dia lakukan di masa kejayaannya.

"Saya biasanya berolahraga dua hingga tiga kali seminggu selama sekitar satu jam, dan ini adalah latihan seluruh tubuh, tetapi tidak terlalu berat," kata Jim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Sebut 92.000 Jemaah Calon Haji Tiba di Arab Saudi, 8 Calhaj Wafat

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement