Advertisement

Jokowi: Jangan Campuradukkan Sepakbola dengan Politik!

Arief Junianto
Selasa, 28 Maret 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Jokowi: Jangan Campuradukkan Sepakbola dengan Politik! Tangkapan layar Presiden Joko Widodo saat memberikan pernyataan soal Piala DUnia U-20. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo menyayangkan jika Indonesia benar-benar urung jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Orang nomor satu di pemerintahan Indonesia itu juga menegaskan, keikutsertaan Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia, tak ada kaitannya dengan sikap politik luar negeri Indonesia.

Advertisement

“Saya tegaskan, keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20, sama sekali tak ada kaitannya dengan sikap politik luar negeri Indonesia,” ucap Jokowi saat menyampaikan pernyataan resminya ihwal pembatalan drawing Piala Dunia U-20 yang dipantau secara daring melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Jokowi menegaskan, kendati Israel mengikuti Piala Dunia U-20, sikap politik luar negeri Indonesia pun tetap kukuh.

“Indonesia tetap konsisten mendukung Palestina. FIFA punya aturan yang memang harus ditaati oleh anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan politik,” kata Jokowi.

Saat ini, kata Jokowi, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap kedatangan Timnas Israel di Indonesia. “Tetapi kami, baik pemerintah maupun PSSI terus berusaha agar ada solusi. Saya telah mengutus Ketum PSSI [Erick Thohir] untuk menemui perwakilan PSSI,” ucap dia.

Bagaimana pun, kata Jokowi, keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah sebuah kehormatan.

Terbukti dari bergeraknya semua lini dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaran event  tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement