Advertisement

Sempat Cedera, Megawati Akhirnya Raih Medali Emas

Abdul Hamied Razak
Rabu, 17 Mei 2023 - 06:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Sempat Cedera, Megawati Akhirnya Raih Medali Emas Atlet taekwondo Indonesia Megawati Tamesti Maheswari berpose setelah mengikuti upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (16/5/2023). (ANTARA - RAUF ADIPATI)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Atlet taekwondo Megawati Tamesti Maheswari bercerita sempat mengalami cedera saat melakukan persiapan SEA Games 2023. Belakangan ia mampu menjadi yang terbaik pada nomor kyorugi kelas 53 kilogram putri.

"Aku sempat cedera pas sebelum SEA Games tuh. Sempat dua bulan sebelum SEA Games apa satu bulan. Cedera hamstring. Itu sempat satu minggu benar-benar gak latihan sama sekali. Rest," ucap Megawati setelah upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (16/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Selain Dramatis, Kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand Dibumbuhi Prank Wasit

Setelah tiga minggu istirahat, ia kembali berlatih seperti biasanya meskipun belum maksimal karena masih sakit yang dideritanya. "Alhamdulillah kemarin tuh dikasih penguatan sih. Jadi alhamdulillah banget [bisa juara]," katanya.

Medali emas yang didapat Megawati merupakan satu-satunya medali emas yang diperoleh dari cabang olahraga taekwondo pada SEA Games kali ini. Bagi Megawati sendiri, itu merupakan peningkatan setelah pada SEA Games 2021 ia hanya memperoleh medali perunggu.

Pada pertandingan final melawan atlet Thailand Chutikan Jongkolrattanawattana, Megawati sempat tertinggal 0-1 pada ronde pertama. Namun gadis 25 tahun itu mampu membalikkan keadaan pada ronde kedua dan ketiga untuk membawanya berbalik unggul 2-1 dan menjadi pemenang medali emas.

"(Saya bales di) ronde dua, ronde tiga. Ronde dua (tendangan ke kepala yang kena lawan), alhamdulillah kepala. Iya tendangan kepala semua. Sampai jatuh dia," papar Megawati.

Pada SEA Games kali ini, tim taekwondo Indonesia hanya menduduki posisi enam di klasemen akhir, dengan raihan satu medali emas, empat medali perak, dan empat medali perunggu. Meski catatan prestasi tersebut kurang impresif, Megawati yakin rekan-rekan setimnya memiliki potensi yang bagus untuk meraih prestasi, bahkan di tingkat yang lebih tinggi seperti Asian Games.

BACA JUGA: Erick Thohir: Terima Kasih Para Pejuang Bernyali Juara

"Sebenarnya bukan belum bisa sih. Sebenarnya kita bisa, cuma memang tadi seperti kata Pak Anthoni (Ketua Harian PB TI Musa Anthony Siregar) ada faktor luck, faktor keberuntungannya. Itu sih. Kalau menurut saya bisa kita tuh, mampu ke jenjang dunia itu. Cuma memang salah satunya jam terbang, jam terbang kita kurang," ujar Megawati.

Setelah perhelatan SEA Games ini, Megawati menyebut bahwa tim taekwondo akan kembali melaksanakan pelatnas. Tetapi mereka diberi libur selama satu hari, dan pada Kamis (18/5/2023) akan kembali berkumpul untuk menjalani latihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement