Advertisement

PSS Sleman vs PSIS Semarang, Publik Menanti Gol dari Yevhen Baha

Yosef Leon
Kamis, 20 Juli 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
PSS Sleman vs PSIS Semarang, Publik Menanti Gol dari Yevhen Baha Liga 1 Indonesia 2023 - ist - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PSS Sleman akan berjumpa PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/7/2023). Laga berat menanti skuad Super Elja untuk mampu merengsek ke papan atas klasemen sementara pada pertandingan ini. 

Sebagai tuan rumah anak asuh Marian Mihail cukup diuntungkan karena bermain di depan pendukung sendiri. Stadion dipastikan padat dengan Sleman Fans di pertandingan besok. Kesempatan yang bagus untuk PSS dalam meraih poin sempurna. 

Advertisement

Kim Kurniawan dan kolega diprediksi akan bermain ngotot lantaran di dua laga sebelumnya mereka hanya mengantongi satu poin dan sekarang harus puas berada di peringkat 10 klasemen sementara. Kekalahan saat bersua Barito Putera pekan lalu disinyalir jadi motivasi kuat skuad PSS. 

Bagi PSIS Semarang laga ini akan sama pentingnya demi melanjutkan tren positif di pekan lalu saat mereka menaklukkan Persebaya. Laskar Mahesa Jenar akan berupaya mencuri poin di kandang PSS Sleman. Carlos Fortes akan tetap jadi andalan PSIS untuk membongkar pertahanan Super Elja. 

Lini belakang PSS Sleman wajib mewaspadai pergerakan dua winger lincah yakni Marukawa dan Gali Freitas. Nama yang disebut terakhir digadang-gadang akan diturunkan sejak menit pertama oleh Gilbert Agius lantaran Vitinho dibekap cedera dalam waktu yang cukup lama. 

Sementara bagi Yevhen Baha pertandingan ini bisa jadi kesempatan baginya untuk berkontribusi lebih dengan menyarangkan gol. Penyerang asal Ukraina itu sama sekali belum mencetak gol dalam tiga laga Liga 1 bersama Super Elja dan baru mencatatkan 1 assist. 

BACA JUGA: Pernikahan Anjing Jojo dan Luna dengan Adat Jawa, DPRD DIY: Bukan Kreativitas, Kelewat Batas!

Pelatih Kepala PSS Sleman Marian Mihail mengatakan, masalah Baha yang belum mencetak gol adalah soal yang sensitif. Menurutnya setiap pemain tidak hanya dibebankan pada satu tugas saja saat berada di lapangan.

Mereka punya peran lain untuk bermain secara tim. Begitu pula dengan Baha yang juga mempunyai tugas untuk membantu pertahanan tim. "Baha juga punya tugas untuk bertahan, tapi yang paling penting dia juga harus cetak gol," kata Marian, Kamis (20/7/2023). 

Sementara kans untuk mempercayakan posisi tombak lini depan kepada penyerang muda Hokky Caraka cukup sulit. Usianya yang masih terlalu muda disebut masih membutuhkan proses yang panjang untuk menjadi andalan bagi Super Elja. Namun ia yakin kemampuan Hokky pelan-pelan akan terasah dan bisa jadi pemain tumpuan bagi PSS Sleman. 

"Saya punya kepercayaan yang sama terhadap semua pemain. Tapi untuk Hokky dia masih sangat muda dan tentu butuh proses," kata dia. 

Pelatih berpaspor Rumania itu memastikan masih akan menurunkan komposisi pemain yang sama pada tiga pertandingan sebelumnya saat berjumpa PSIS Semarang besok. Marian mengaku tidak mudah untuk merotasi pemain karena mereka harus terus belajar dan mendapat kesempatan untuk tampil. 

"Saya tipikal pelatih Eropa di mana kami tidak terlalu suka untuk terlalu sering merotasi pemain, kecuali kondisis tertentu" jelasnya. 

Hanya saja ia menyebutkan bahwa sudah mempersiapkan rencana khusus di babak kedua dengan pemain yang optimal dalam menghadapi Laskar Mahesa Jenar besok. Hal ini tidak terlepas dari fakta dari tim lawan yang kerap mencetak gol di 15 menit akhir menjelang laga bubar. 

"Itu artinya mereka fit dan punya fisik yang bagus. Dan kami harus peduli dengan aspek itu untuk memanfaatkan pemain pengganti kami yang pas dan memberikan kekuatan yang optimal untuk mengantisipasi hal itu," katanya. 

Sementara gelandang PSS Sleman Kim Kurniawan mengatakan bahwa, laga ini jadi ajang menebus kesalahan bagi timnya setelah pekan lalu mengalami kekalahan dengan Barito Putera. Terlebih skuad Super Elja bermain dihadapan pendukung sendiri yang jadi nilai positif. 

"Saya pikir itu akan jadi suntikan semangat bagi pemain agar berjuang maksimal," jelasnya. 

PSIS Semarang, menurut Kim sudah menjalani awal musim yang baik. Mereka telah mengoleksi enam poin dari tiga laga dan kini bertengger di peringkat lima klasemen sementara. Laskar Mahesa Jenar juga punya sejumlah pemain asing yang bagus di lini serang, sehingga harus diantisipasi oleh PSS Sleman. 

"Kami akan mewaspadai sektor serangan mereka yang cukup bagus. Lini pertahanan akan coba kami perkuat dengan target nirbobol," kata dia. 

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Anthony Pintus; I Nyoman Ansanay, Thales Lira, Jihad Ayoub, Abduh Lestaluhu; Wahyudi Hamisi, Kim Kurniawan, Kei Sano; Ricky Cawor, Jonathan Bustos, Yevhen Bokhashvili. Pelatih: Marian Mihail. 

PSIS (4-2-3-1): Muhammad Adi Satryo; Fredyan Wahyu, Carlos Gama, Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga; Luthfi Kamal, Boubakary Diarra; Septian David Maulana; Gali Freitas, Taisei Marukawa, Carlos Fortes. Pelatih: Gilbert Agius.

Hasil 5 Pertemuan Terakhir PSS Sleman vs PSIS 

02/04/23: PSIS Semarang vs PSS Sleman 5 - 2 

16/12/22: PSS Sleman vs PSIS Semarang 0 - 1 

24/06/22: PSIS Semarang vs PSS Sleman 5 - 2 

16/03/22: PSS Sleman vs PSIS Semarang 0 - 1 

03/12/21: PSIS Semarang vs PSS Sleman 1 - 2 

Hasil 5 Pertandingan Terakhir PSS Sleman 

07/04/23: PSS Sleman vs Bali United 2 - 0 

15/04/23: Persija vs PSS Sleman 5 - 0 

01/07/23: Bali United vs PSS Sleman 0 - 1 

07/07/23: PSS Sleman vs Persis Solo 2 - 2 

14/07/23: Barito Putera vs PSS Sleman 3 - 1 

Hasil 5 Pertandingan Terakhir PSIS 

06/04/23: PSIS Semarang vs PSM 4 - 0 

12/04/23: Bali United vs PSIS Semarang 3 - 2 

03/07/23: PSIS Semarang vs Bhayangkara 3 - 1 

08/07/23: Persita vs PSIS Semarang 2 - 0 

16/07/23: PSIS Semarang vs Persebaya 2 - 0

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Calon Menteri Kabinet Prabowo Dijadwalkan Ikut Pembekalan di Akmil Magelang

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement