Advertisement

Kalahkan Inggris di Final, Timnas Putri Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023

Newswire
Minggu, 20 Agustus 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Kalahkan Inggris di Final, Timnas Putri Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023 Pemain Timnas Putri Spanyol merayakan gelar juara Piala Dunia Wanita 2023. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Timnas Wanita Spanyol menjuarai Piala Dunia Wanita 2023 seusai mengalahkan Timnas Wanita Inggris dengan skor tipis 1-0 pada partai final di Stadion Olimpiade, Sydney, Australia, Minggu (20/8/2023).

Kemenangan Spanyol atas Inggris hadir berkat gol tunggal yang dicetak oleh Olga Carmona pada babak pertama, demikian catatan FIFA.

Advertisement

Ini merupakan gelar Piala Dunia Wanita pertama untuk Spanyol setelah pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah menembus babak 16 besar pada edisi sebelumnya.

Di sisi lain, peringkat kedua merupakan pencapaian terbaik untuk Inggris selama mengikuti gelaran Piala Dunia Wanita, setelah sebelumnya langkah terjauh mereka adalah mengamankan tempat ketiga.

Pada pertandingan ini Spanyol tercatat tampil dominan dengan mencatatkan 58 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Meski begitu, Inggris mendapatkan peluang terlebih dahulu pada laga ini melalui tendangan Lauren Hemp yang masih membentur mistar gawang Spanyol.

BACA JUGA: Piala AFF Wanita 2022: Ditekuk Filipina 4-1, Timnas Wanita Indonesia Tersingkir

Selanjutnya Spanyol yang menekan lini pertahanan Inggris dan memberikan ancaman melalui tendangan Alba Redondo, akan tetapi bola dapat dihalau oleh kiper Inggris Mary Earps.

Skuad asuhan Jorge Vilda akhirnya dapat memecah kebuntuan pada menit ke-29 seusai tendangan Olga Carmona sukses mengoyak jala gawang Inggris sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Memasuki babak kedua, Spanyol tetap mendominasi jalannya laga dan kembali mendapatkan peluang melalui tendangan Mariona Caldentey, namun Earps dapat menghalau bola tersebut.

Spanyol memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti, namun eksekutor Jennifer Hermoso gagal melaksanakan tugasnya dengan baik karena tendangannya masih dapat diamankan oleh Earps.

Pada sisa waktu pertandingan, Inggris terus berusaha mencari gol penyeimbang, namun Spanyol dapat mempertahankan keunggulan sehingga skor 1-0 tetap bertahan hingga laga usai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

New York Banjir, Sejumlah Jalan dan Jalur KA Bawah Tanah Terendam

News
| Sabtu, 30 September 2023, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement