Advertisement

Kalahkan Thailand 3-1, Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-23

Sunartono
Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:07 WIB
Sunartono
Kalahkan Thailand 3-1, Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-23 Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Jeam Kelly Sroyer (kedua kanan) bersama rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh - rwa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Timnas Indonesia U-23 memastikan lolos ke babak final Piala AFF U-23 setelah menghajar Thailand dengan skor 3-1 dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam. Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam laga final yang digelar Minggu (26/8/2023) malam.

Ketiga gol pemain Timnas Indonesia seluruhnya tercipta pada babak pertama. Lewat permainan yang efektif Indonesia beberapa kali membuat pemain Thailand kerepotan. Gol pertama tercipta dari kaki Jeom Kelly Sroyer di menit ke-10 setelah mendapatkan umpan dari Arhan Fikri.  Sroyer menuntaskan umpan itu dengan membuat tembakan mendatar dan melesak ke sudut gawang.

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal Semi Final Piala AFF: Indonesia vs Thailand, Prediksi Skor dan Susunan Pemain

Ketinggalan 1-0, Thailand terus melakukan serangan dan beberapa kali memperoleh tendangan pojok namun belum berhasil mengkonversi menjadi gol. Thailand justru harus menerima kebobolan kembali gawangnya di menit ke-23. Gol itu tercipat dari lemparan ke dalam Robi Darwis dari sayap kiri mengarah ke tengah kotak penalti Thailand kemudian disambut Muhammad Ferrari dengan sundulan mengarah ke sudut bawah gawang. Tak mampu diatasi penjaga gawang Thailand, Sriwat Ingkaew sehingga mengubah skor menjadi 2-0.

Thailand terus melakukan serangan ke pertahanan Indonesia. Kittchai Yaidee melepaskan tembakan spekulasi jarak jauh ke gawang Indonesia, namun Ernando Ari bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Thailand berhasil mencetak gol balasan di menit ke-27 lewat sepak pojok yang mengarah ke kotak penalti kemudian dimanfaatkan Wanpraphao dengan sundulan ke arah gawang Indonesia. Skor pun menjadi 2-1.

Jelang berakhirnya babak pertama, Indonesia memperoleh gol ketiganya karena diuntungkan dengan gol bunuh diri Natcha Promsomboon sehingga skor menjadi 3-1. 

Pada babak kedua Thailand terus berusaha menggempur Indonesia. Beberapa kali Thailand berhasil masuk ke pertahanan Indonesia lewat umpan terobosan. Namun karena ketatnya pemain belakang Indonesia sehingga dapat diantisipasi.

Thailand beberapa kali mendapatkan tendangan pojok yang cukup merepotkan. Selain itu umpan panjang Thailand beberapa kali membahayakan gawang Indonesia, salah satunya yang diterima  Wanpraphao kemudian melepaskan tembakan kaki kanan tetapi bisa ditepis Ernando Ari.

BACA JUGA : 5 Pemain dari Seleksi 12 Kota Ikut Pemusatan Latihan Timnas U-17, Ini Daftarnya

Thailand nyaris mencetak gol di menit ke-65, di mana Wanpraphao menanduk bola ke arah gawang yang membuat Ernando Ari melakukan penyelamatan.

Wasit memberikan tambahan waktu enam menit dan skor tetap 3-1 untuk kemenangan Indonesia atas Thailand hingga babak kedua berakhir. Hasil ini mengantarkan Indonesia melaju ke final dan akan berhadapan dengan Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement