Advertisement

FIFA Dikabarkan Beri Sanksi Wasit Final Piala AFF U-23, Ini Faktanya

Newswire
Senin, 04 September 2023 - 13:37 WIB
Maya Herawati
FIFA Dikabarkan Beri Sanksi Wasit Final Piala AFF U-23, Ini Faktanya Unggahan hoaks video yang menarasikan FIFA menghukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi mengenai hal tersebut. (Youtube)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pertandingan Piala AFF U-23 telah berakhir yang dijuarai oleh Vietnam pada 26 Agustus 2023. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai pertandingan menyatakan kecewa dengan kinerja wasit dalam final laga Piala AFF U 23 tersebut.

Ia menilai wasit kerap mengabaikan pelanggaran keras yang dilakukan pemain Vietnam terhadap Timnas Indonesia. Beredar di media sosial video di YouTube berdurasi tiga menit menarasikan bahwa FIFA memberi hukuman terhadap wasit final laga Piala AFF U23, Hiroki Kasahara.

Advertisement

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “RESMI: LAGA FINAL PIALA AFF U-23 DI ULANG. 4 HUKUMAN YANG DILAYANGKAN FIFA UNTUK WASIT DAN AFF PRESIDEN AFF LANGSUNG DIAM.”

Namun, benarkah FIFA hukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia? Berdasarkan penelusuran, tidak ada informasi secara resmi dari FIFA menghukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan narasi pada laman Yoursay.id yang berjudul Shin Tae-yong Desak Wasit Final Piala AFF U-23 2023 Nonton Ulang Video Pertandingan.

BACA JUGA: Siap-siap! Ada Razia Lalu Lintas Selama Dua Pekan ke Depan di Bantul

Dalam artikel tersebut dijelaskan Shin Tae-yong kecewa dengan kinerja wasit dalam pertandingan Indonesia vs Vietnam pada final Piala AFF U-23 2023 dan mendesak wasit untuk menonton ulang video pertandingan.

Selain itu, video yang menampilkan Presiden FIFA, Gianni Infantino serupa dengan unggahan RwandaTV yang berjudul LIVE: The 73rd FIFA Congress | Press Conference | Kigali, 16 March 2023 yang diunggah 16 Maret 2023. Dalam video tersebut, Gianni memberikan keterangan pers pada Kongres FIFA ke-73 di Rwanda.

Dengan demikian, unggahan video yang menyatakan FIFA menghukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 Hiroki Kasahara karena curangi Indonesia merupakan penyataan tidak berdasar. Dengan demikian kabar FIFA hukum wasit final laga Piala AFF U 23 2023 karena curangi Indonesia masuk kategori berita hoaks atau kabar bohong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Proyek Bandara VVIP IKN Senilai Rp4,28 Triliun MUlai Dilelang

News
| Sabtu, 30 September 2023, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement