Advertisement

Persiapkan Bibit Unggul, Pemkot Jogja Bikin Sentra Pembinaan Atlet Belia

Triyo Handoko
Jum'at, 08 September 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Persiapkan Bibit Unggul, Pemkot Jogja Bikin Sentra Pembinaan Atlet Belia Sekda Jogja Aman Yuriadijaya menyerahkan trofi kepada pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Kota Jogja 2023. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja membentuk Sentra Pembinaan Olahragawan Muda (SPOM) untuk mewadahi bibit-bibit atlet dari kalangan usia belia, Jumat (8/9/2023). SPOM dibentuk agar regenerasi atlet di Kota Jogja terus berlanjut sehingga di masa depan banyak bermunculan atlet berprestasi dari Kota Pelajar ini.

Selain regenerasi, SPOM diharapkan dapat membentuk ekosistem olahraga Kota Jogja yang berkelanjutan.

Advertisement

Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya menjelaskan pembinaan atlet muda ini jadi komitmen Pemkot Jogja. “Sentra pembinaan olahragawan muda ini menjadi bagian yang sangat penting sebagai media untuk melakukan pengkaderan terhadap minat bakat dan prestasi siswa di dalam olahraga. Ini juga merupakan bagian dari upaya pembinaan yang berkelanjutan,” jelas Aman.

Aman menyebutkan pembinaan atlet muda lewat SPOM akan dilakukan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). “Pembinaan akan dilakukan dengan lebih terarah, terstruktur, dan sesuai dengan program keberlanjutan,” tuturnya.

BACA JUGA: UNISA Yogyakarta Dukung Pembinaan Atlet Sepak Bola Usia Dini

Kepala Disdikpora Kota Jogja, Budi Santosa Asrori menjelaskan penyelenggaraan SPOM dilakukan menggandeng sekolah. “Ada lima sekolah yang jadi SPOM, diantaranya SDN Ungaran untuk cabang olahraga (cabor) pencak silat, SDN Pujokusuman cabor atletik, SDN Serayu cabor renang, SDN Pakel cabor taekwondo dan SDN Pilahan cabor panahan,” paparnya.

Budi menuturkan sekolah-sekolah yang ditetapkan menjadi SPOM ini sebagai pusat untuk pembinaan atlet-atlet muda dari berbagai jenjang SD, SMP sampai dengan SMA. “Lewat SPOM ini sekolah yang ada akan difasilitasi dengan perlengkapan tambahan dan pengajar yang berkualitas agar bibit-bibit atlet yang ada dapat terus mengasah kemampuannya,” terangnya.

Penyiapan bibit atlet muda ini, lanjut Budi, terutama agar Kota Jogja dapat terus berprestasi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Pekan Olahraga Nasional (PON). “Kedepan ini jadi sarana penting untuk memenangkan ajang-ajang bergengsi olahraga mewakili Jogja,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dokumen VLR Dipakai untuk Sebarluaskan SDGs IKN

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement