Advertisement

Tour de Prambanan Digelar Lagi Tahun Ini, Ratusan Peserta Berlomba Tempuh Jarak 111 Km

Arief Junianto
Jum'at, 13 Oktober 2023 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Tour de Prambanan Digelar Lagi Tahun Ini, Ratusan Peserta Berlomba Tempuh Jarak 111 Km Jersei yang akan dipakai pembalap saat digelarnya Tour de Prambanan 2023. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tour de Prambanan 111 Km merupakan agenda kegiatan tahunan balap sepeda yang akan digelar pada Sabtu (14/10/2023).

Event ini merupakan hasil kolaborasi bersama antara Ganefo Olympic Center (GOC) dan Pengurus Daerah Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Pengda ISSI) DIY.

Advertisement

Dengan mengusung tema Hi Five! yang merupakan simbol keakraban, ajang ini diharapkan dapat membawa spirit kebersamaan sesama pegowes, Pemda DIY dan seluruh masyarakat DIY.

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, pada tahun kelimanya ini, Tour de Prambanan digelar dengan mengambil titik start dan finis di Lapangan Nandi, Candi Prambanan. Adapun, agenda flag off dimulai pada pukul 06.00 WIB dan dipimpin oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Komjen. Pol. (Purn) Rudy Sufahriadi didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Isnanta, Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY GKR Bendara, dan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. 

Selain itu, akan hadir pula Ketua Umum GOC Yogyakarta, Arif Syukron Muttaqin, dan Ketua Umum ISSI DIY, Drajad Ruswandono.

Tour de Prambanan kali ini memiliki jarak tempuh sejauh 111 Km. Dengan jarak tersebut, sebanyak 658 peserta tidak hanya berkeliling sesuai rute saja tetapi juga menyusuri keindahan pemandangan yang ada di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul hingga Kabupaten Gunungkidul.

Selain itu, dalam Tour de Prambanan ini tidak menggunakan patron warna tertentu dalam konsep acara. Tetapi justru menggunakan multiwarna sebagai bentuk keanekaragaman latar belakang peserta, suku, ras, maupun latar belakang profesi.

Terlebih, penyelenggaraan Tour de Prambanan 2023 ini dilaksanakan jelang tahun politik 2024, sehingga perpaduan pemilihan warna yang beragam baik pada jersei, atribut, hingga media promosi yang ada in line dengan tema Hi, Five! menjadikan event ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA: Asian Games 2022, Tim Balap Sepeda Indonesia Raih Emas Keempat

Tour de Prambanan 2023 tidak hanya sekadar bertujuan mempromosikan pariwisata DIY sebagai destinasi sport tourism kelas dunia, menyelenggarakan touring wisata jenis sepeda road bike dengan lintasan jalan raya. Tetapi juga untuk menggali potensi bibit-bibit atlet balap sepeda, sekaligus menyediakan wahana tanding bagi para atlet balap sepeda road bike perwakilan ISSI kabupaten/kota se-DIY bersama dengan sejumlah 210 atlet balap sepeda dari seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Tour de Prambanan 2023 dibagi menjadi dua kategori yakni Race dan Non-Race. Untuk kelas Race mempertandingkan kejuaraan khusus King of Mountain (KOM) dan Queen of Mountain(QOM) dengan jarak tempuh sejauh 5 KM, di mana para peserta beradu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki.

Adapun, hadiah yang disediakan dalam Tour de Prambanan 2023 adalah setotal Rp72 juta, berikut dengan trofi yang dipersembahkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Yogyakarta dan doorprize.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Hadir dalam Sidang Sengketa Pileg, 2 Pemohon Dianggap MK Tidak Serius

News
| Senin, 29 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement