Advertisement

Tour de Prambanan 2023, Upaya Bangkitkan Sport Tourism di DIY

Yosef Leon
Sabtu, 14 Oktober 2023 - 10:47 WIB
Ujang Hasanudin
Tour de Prambanan 2023, Upaya Bangkitkan Sport Tourism di DIY Suasana jumpa pers Tdp 2023 yang kembali hadir untuk kelima kalinya sebagai upaya mendongkrak sport tourism dan ekonomi kreatif di wilayah setempat, Sabtu (14/10/2023). - Harian Jogja / Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Ganefo Olympic Center (GOC) DIY bekerja sama dengan Pengurus Daerah Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Pengda ISSI) DIY kembali menghadirkan agenda Tour de Prambanan (TdP) 2023. Agenda yang masuk ke perhelatan kelimanya ini berupaya untuk mengangkat potensi sport tourism di wilayah setempat dan menggairahkan sektor wisata dan ekonomi kreatif. 

Ketua GOC DIY Syukron Arif Muttaqin menjelaskan, berbeda dibandingkan tahun sebelumnya TdP 2023 melewati rute tiga kabupaten di wilayah setempat meliputi Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Jarak tempuhnya juga sedikit berkurang yakni sejauh 111 kilometer (KM). Dengan jarak tersebut, peserta tidak hanya berkeliling sesuai rute saja namun juga menyusuri keindahan pemandangan yang ada. 

Advertisement

"TdP merupakan upaya kami untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Sekaligus menyediakan sarana pertandingan bagi para atlet balap sepeda DIY untuk berlaga di event ini serta mendukung upaya mendatangkan wisatawan dari berbagai kota melalui event olahraga," jelasnya Sabtu (14/10/2023). 

TdP diselenggarakan pada hari ini Sabtu 14 Oktober 2023 yang diikuti oleh sebanyak 658 peserta. Mereka berasal dari 72 kota dan 106 komunitas balap sepeda dari seluruh Indonesia. Syukron menambahkan, tahun ini pihaknya mengambil tema “Hi Five!” yang merupakan simbol keakraban dengan harapan dapat membawa spirit kebersamaan bagi sesama pegowes. 

"Sebanyak 76 persen peserta berasal dari luar DIY, sehingga agenda ini kami harapkan bisa mendongkrak lama tinggal, belanja wisata dan menggerakkan ekonomi kreatif di DIY," ujarnya. 

BACA JUGA: 2.500 Orang Ikuti Lari Marathon di Kota Jogja, Start Finish di Kompleks Kepatihan

Race Director TdP 111KM 2023 Ferry Harnanto mengatakan, 658 peserta yang ikut serta itu terdiri dari 210 peserta kategori race dengan dua klasifikasi yakni king of mountain untuk putera dan quen of mountain untuk puteri. Sementara sisanya terdiri dari peserta hobies dan VIP. Agenda ini dimulai sejak pukul 06.00 WIB dengan mengambil start di Lapangan Nandi kompleks Candi Prambanan. 

"Ada perbedaan jersei dari tiap peserta yang menandakan kategori mereka. VIP warna ungu, race merah, dan non race pakai tosca. Seluruh peserta ada leader yang pakai jersei biru," jelasnya. 

Yang menantang dari agenda Tdp 2023 ini peserta kategori race akan melewati tanjakan mengarah ke Kopi Panggang Gunungkidul sejauh lima km. Peserta akan beradu kekuatan dan kecepatan untuk menjajal rute mendaki. Total hadiah yang disiapkan yakni sebesar Rp72 juta berikut trofi yang dipersembahkan oleh KONI DIY. Tdp 2023 juga menjadi bagian dalam menggali potensi bibit-bibit atlet balap sepeda, sekaligus menyediakan wahana tanding bagi para atlet balap sepeda road bike perwakilan ISSI Kabupaten/Kota se-DIY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Hadir dalam Sidang Sengketa Pileg, 2 Pemohon Dianggap MK Tidak Serius

News
| Senin, 29 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement