Advertisement

Borobudur Marathon 2023 Digelar, 10.000 Pelari Nyalakan Semangat Persatuan di Magelang

Media Digital
Minggu, 19 November 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Borobudur Marathon 2023 Digelar, 10.000 Pelari Nyalakan Semangat Persatuan di Magelang Penyerahan hadiah kepada para pemenang Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. - Istimewa

Advertisement

MAGELANG—Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu (19/11/2023).

Event ini digelar atas kerja sama Pemprov Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon dengan mengusung tema Voice of Unity.

Advertisement

Penyelenggaraan tahun ini terasa spesial karena kemeriahan Borobudur Marathon akan kembali sama seperti sebelum pandemi Covid-19.

Hal itu terlihat dari sisi jumlah peserta yang sama dengan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019, di mana tahun ini diikuti sekitar 10.000 orang yang terbagi ke dalam tiga kategori, yakni 10K, half marathon, dan marathon.

Gelaran tahun ini juga akan diikuti sejumlah pelari internasional. Sejumlah atlet lari nasional juga hadir dan ikut memeriahkan, antara lain, Agus Prayogo, Betmen Manurung, Odekta Naibaho, Pretty Sihite, dan lainnya.

Tidak hanya itu, sejumlah pelari muda berusia 15-18 tahun terpilih juga akan mengikuti kategori Bank Jateng Young Talent dengan jarak 10 km.

Kesiapan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 itu disampaikan dalam press conference yang digelar di Grand Artos Ballroom, Magelang, Sabtu (18/11/2023).

Hadir dalam press conference tersebut, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan Borobudur Marathon 2023 menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Magelang karena memberikan dampak positif bagi masyarakatnya.

“Dengan terlaksananya Borobudur Marathon di Kota Magelang, harapannya Kota Magelang semakin dikenal luas oleh turis secara lokal hingga mancanegara. Karena, tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, Kota Magelang juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang dan meningkat untuk menunjang seluruh kegiatan wisata olahraga, salah satunya untuk para pelari di Borobudur Marathon 2023,” kata Nana Sudjana.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo menjelaskan kesiapan pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat, seperti Dinas Perhubungan, medis setempat, pihak kepolisian, hingga masyarakat sekitar.

Dengan demikian, event ini diharapkan menyajikan pengalaman terbaik bagi para pelari Borobudur Marathon.

“Tahun ini, Borobudur Marathon juga mempunyai keinginan untuk naik level dengan mencoba membuka kesempatan menuju next step verifikasi untuk mendapatkan World Athletic Label. Selain itu, kami juga sudah menyiapkan cheering yang bertebaran di sepanjang rute untuk menjadi extra boost bagi para pelari, serta kegiatan seru lainnya, baik di Race Expo hingga saat Race Day nanti di Taman Lumbini, Candi Borobudur,” papar Budiman.

Terkait dengan hal itu, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyambut baik dan menjelaskan upaya serta komitmen Borobudur Marathon untuk meningkatkan kualitas standar event race menuju standar internasional.

Turut hadir Richard Welsh, World Athletics Technical Delegate for Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, yang memaparkan seputar World Athletics Label dan kesiapan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng menjadi event lari tingkat internasional.

Dampak Ekonomi

Sementara itu, Plt Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro mengatakan, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang diikuti oleh 10.000 pelari pastinya membawa dampak ekonomi yang lebih besar.

Program Bank Jateng Pawone kembali hadir untuk mengembangkan dan mengoptimalisasikan UMKM Magelang. “Bank Jateng Pawone telah mengunjungi 10 kota tempat terlaksananya Bank Jateng Friendship Run dengan membawa kuliner khas Magelang kepada para pelari. Nantinya, Bank Jateng Pawone juga dapat teman-teman pelari temukan di Race Expo dan Race Day. Selain itu, kehadiran pelari juga menghidupkan perekonomian masyarakat Kota Magelang melalui homestay, hotel, dan banyak usaha lainnya,” ujar Irianto.

 Senada dengan itu, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An juga mengamini potensi penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 terhadap perekonomian lokal.

“Antusiasme yang tinggi pasti dirasakan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Borobudur Marathon 2023, mulai dari warga yang mengisi rute dengan cheering, penginapan yang terisi penuh oleh pelari dari seluruh penjuru dunia, kuliner khas Magelang yang tidak habis dijelajahi, penyedia transportasi, dan usaha-usaha lain yang ada. Harapannya, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dapat memberikan dampak positif yang lebih lagi dari tahun sebelumnya untuk masyarakat, pelari, dan semua stakeholder yang terlibat,” ujar Liem.

BACA JUGA: Diikuti 10.000 Lebih Pelari, Borobudur Marathon Bakal Menjadi Event Lari Standar Internasional

Turut hadir Chief Marketing Officer Generali Indonesia, Vivin Arbianti Gautama yang menyampaikan dukungan pihaknya terhadap penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. “Generali Indonesia kembali menjadi Official Insurance Partner Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dan sudah menjadi kali keenam. Tentunya, para pelari tidak perlu khawatir tentang berlari dengan aman karena Generali Indonesia pastinya menyediakan proteksi untuk 10.000 pelari yang akan mengikuti Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng,” ujar Vivin.

Para peserta juga menyatakan kesiapan mengikuti Borobudur Marathon 2023, antara lain pelari elite nasional Rikki Marthin Luther Simbolon.

“Tentunya, saya sudah menyiapkan yang terbaik untuk bertanding nanti di Borobudur Marathon 2023. Tantangan yang ada akan saya hadapi sebaik mungkin untuk bisa menciptakan rekor baru, bersaing dengan para pelari internasional, dan menjadi juara,” ujarnya.

Atlet muda yang termasuk Bank Jateng Young Talent 2023, Muhammad Iqra Syahputra juga turut menyuarakan antusiasme menyambut event ini. Terutama, setelah mengikuti Bootcamp Bank Jateng Young Talent, ajang pengembangan para atlet-atlet muda untuk berkompetisi dan mengembangkan potensinya di event lari bertaraf internasional.

“Program-program yang diberikan untuk Bank Jateng Young Talent 10K, seperti bootcamp juga sangat membantu kita para atlet muda tau lebih banyak mengenai lari, mulai dari mental hingga kesiapan fisik. Saya berharap kami dapat berkembang dan bertumbuh menjadi atlet-atlet nasional yang mengharumkan nama Indonesia kedepannya,” ungkap Muhammad Iqra.

Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng merupakan event lari yang terdiri atas marathon, half marathon, dan 10K. Race day akan dilaksanakan pada Minggu (19/11/2023) dengan start dan finish di Taman Lumbini kawasan Candi Borobudur, Magelang.

Gelaran ini dapat disaksikan secara live di Kompas TV. Reportase live juga dapat disimak melalui Instagram Story Borobudur Marathon. Dalam rangkaian event, diselenggarakan juga Race Expo pada 17-18 November 2023 di Grand Artos Ballroom, Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement