Advertisement

Kalahkan Prancis di Final, Timnas Jerman Juara Piala Dunia U17 2023

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 02 Desember 2023 - 21:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kalahkan Prancis di Final, Timnas Jerman Juara Piala Dunia U17 2023 Skuad timnas U-17 Jerman di Piala Dunia U-17 2023 - Dok LOC WCU17/SBN

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jerman berhasil menjadi juara usai mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti setelah bermain 2-2 dalam waktu 90 menit dalam Final Piala Dunia U17 2023, di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023).

Jerman sempat memimpin 1-0 di babak pertama atas Prancis lewat gol striker sayap Paris Brunner dari tendangan penalti pada menit 29. Jerman dan Prancis sama-sama mencetak gol di babak kedua untuk membuat pertandingan semakin menarik dan panas. Jerman menambah gol lewat Noah Darvich pada menit 51. Sementara Prancis mencetak dua gol lewat Saimon Bouabre menit 53 dan Mathis Amogou pada menit 85 untuk membuat skor imbang 2-2

Advertisement

Jerman yang mengenakan jersey putih-putih dengan garis hitam terus menekan pertahanan Prancis di babak pertama. Jerman langsung mengambil alih serangan di awal-awal laga. Anak asuh Cristian Wuck langsung mendapat tendangan sudut, tetapi sepakan Fayssal Harchaoui masih melambung di atas gawang kiper Paul Argney.

Jerman bahkan bisa mencetak gol di menit keempat lewat Paris Brunner. Tetapi gol tersebut dianulir karena Max Moerstedt sudah lebih dahulu tertangkap offside sebelum mengirim umpan ke Brunner. Sementara itu Prancis yang diasuh Jean-Luc Vannuchi terlihat gugup karena beberapa kali skema serangan Les Bleus terasa mentah dan bisa dipatahkan barisan gelandang Jerman. Hingga menit ke-10 Jerman yang terus menekan pertahanan Prancis sudah mendapat empat kali sepak pojok. Kapten Jerman Noah Darvich juga mendapat peluang lewat serangan cepat, tetapi tendangannya di menit 14 masih melambung tipis dari atas gawang.

Meski banyak menyerang, Jerman belum bisa menerobos pertahanan rapat Prancis yang dikomandoi Joachim Kayi Sanda. Alhasil, Jerman banyak mengandalkan shooting dari luar. Prancis mengancam pertahanan Jerman di menit 20. Gelandang serang Les Bleus, Saimon Bouabre yang melakukan serangan balik cepat ke pertahanan Jerman menembak ke gawang tetapi bola bisa ditepis kiper, Konstantin Heide. Wasit Espen Eskas mendapat masukan untuk mengecek VAR pada menit 23 karena kemungkinan besar ada penalti setelah terjadi pelanggaran. Setelah melihat VAR selama beberapa menit, Eskas akhirnya memutuskan penalti untuk Jerman setelah terjadi pelanggaran yang dibuat Aymen Sadi terhadap Bilal Yalcinkaya. Brunner yang maju sebagai algojo dengan tenang menjebol gawang Argney lewat sepakan ke kanan gawang untuk membawa Jerman unggul 1-0 atas Prancis pada menit 29.

Sekadar informasi, ini adalah gol kelima Brunner di ajang Piala Dunia U17 2023. Striker Jerman, Moerstedt mendapat peluang di menit 36 tetapi sepakan kerasnya bisa ditangkap kiper Prancis. Di tambahan waktu babak pertama, wasit kembali mengecek VAR kemungkinan terjadi penalti setelah ada benturan antara Moerstedt dengan Argney. Namun wasit akhirnya kembali melanjutkan pertandingan dan tidak ada penalti. Hingga pertandingan babak pertama selesai, Jerman masih unggul tipis 1-0 atas Prancis lewat gol penalti Paris Brunner di final Piala Dunia U17 2023. Masuk di babak kedua, Prancis bermain lebih agresif untuk memperkecil ketertinggalan.

Pelatih Vannuchi memasukkan Nhoa Sangui menggantikan Aymen Sadi. Goolll. Jerman berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 setelah Noah Darvich mencetak gol pada menit 51. Berawal dari umpan tarik Moerstedt, Darvich yang berdiri bebas menyepak bola dan gagal diselamatkan Argney. Gollll.

Pertandingan semakin menarik ketika Prancis mencetak gol pada menit 53 lewat sepakan keras Bouabre dari dalam kotak penalti tanpa bisa ditepis Heide. Wasit sempat mengecek VAR dengan kemungkinan Bouabre offside sebelum mencetak gol. Tapi setelah diperiksa, Bouabre dalam keadaan onside. Heide kembali menjadi penyelamat Jerman setelah menepis sundulan Yvan Titi pada menit 55 memanfaatkan umpan pojok. Hingga menit 65, Jerman masih unggul 2-1 atas Prancis di Final Piala Dunia U17 2023.

Jerman harus bermain dengan 10 pemain setelah Winners Osawe harus keluar usai mendapat kartu kuning kedua dari wasit usai menjegal pemain Prancis, Ismail Bouneb. Hingga 10 menit terakhir, Jerman mencoba memperlambat tempo, sementara itu Prancis masih mengandalkan Bouabre yang beroperasi dari sisi sebelah kiri. Gooll. Prancis berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Mathis Amogou menjebol gawang Heide pada menit 85 lewat sontekan usai menerima umpan tarik dari Tidiam Gomis. Hingga pertandingan 90 menit berakhir, skor Jerman vs Prancis, final Piala Dunia U17 2023 masih sama kuat 2-2. Pertandingan Jerman vs Prancis di Final Piala Dunia U17 2023 dilanjutkan ke babak penalti. Setelah melewati drama adu penalti, Jerman akhirnya menjadi juara Piala Dunia U17 2023 usai mengalahkan Prancis di partai final. Kiper Heide berhasil menjadi pahlawan Jerman usai mengagalkan tiga tendangan penalti pemain Prancis. 

Susunan Pemain Jerman Vs Prancis U17, final Piala Dunia U17 2023:

Jerman dan Prancis di pertandingan final Piala Dunia U17 2023 sama-sama tidak banyak mengubah susunan pemainnya.

Jerman masih mengandalkan Noah Darvich; Paris Brunner, Bilal Yalcinkaya, Max Moerstedt di lini depan.

Sementara itu Prancis akan mencoba menahan serangan Jerman dengan memasang kiper Paul Argney dan barisan bek Yvan Titi, Bastien Meupiyou, Joachim Kayi Sanda, Aymen Sadi.

Jerman: Konstantin Heide; Finn Jetlsch, Maximilian Hennig, David Odogu, Eric Da Silva Moreira; Fayssal Harchaoui, Winners Osawe, Noah Darvich; Paris Brunner, Bilal Yalcinkaya, Max Moerstedt. Pelatih: Christian Wück

Prancis: Paul Argney; Yvan Titi, Bastien Meupiyou, Joachim Kayi Sanda, Aymen Sadi; Fode Sylla, Saimon Bouabre; Tidiam Gomis, Mathis Lambourde, Ismail Bouneb. Pelatih: Jean-Luc Vannuchi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement