Advertisement

Hasil Kyrgyzstan vs Oman: Skor 1-1, Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia

Sunartono
Jum'at, 26 Januari 2024 - 00:27 WIB
Sunartono
Hasil Kyrgyzstan vs Oman: Skor 1-1, Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos 16 Besar Piala Asia Hasil pertandingan antara Kyrgyzstan melawan Oman dengan skor imbang 1-1 menjadi kegembiraan bagi Timnas Indonesia. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa Kamis (25/1/2024) malam ini, membuat kedua tim sama-sama harus tersingkir di Piala Asia 2023. - AFC.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hasil pertandingan antara Kyrgyzstan melawan Oman dengan skor imbang 1-1 menjadi kegembiraan bagi Timnas Indonesia. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa Kamis (25/1/2024) malam, membuat kedua tim sama-sama harus tersingkir di Piala Asia 2023. Namun hasil itu justru meloloskan Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023. 

Dengan hasil imbang ini Oman harus menelan pil pahit dengan hanya finish di 2 poin di Grup F, sedangkan Indonesia finish dengan 3 poin di Grup D. Sehingga Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya melaju babak 16 besar melalu skema peringkat tiga terbaik. 

Advertisement

BACA JUGA : Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Begini Skenarionya

Adalah Joel Kojo pemain Republik Kyrgyzstan yang membuyarkan mimpi Oman untuk menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pemenangnya. Meski Oman lebih dahulu unggul lewat gol pembuka di menit ke-8 lewat sepakan Muhsen Al Ghassani. 

Berdasarkan laporan resmi di laman AFC, Oman mengambil kendali penuh dan Republik Kyrgyzstan harus bekerja keras untuk tidak kebobolan. Namun tim Asia Tengah itu seharusnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-27 ketika Gulzhigit Alykulov memberikan umpan kepada Farkhat Musabekov,  tendangan gelandang yang tidak terkawal masih melambung di atas mistar gawang. 

White Falcons kembali selamat dari ancaman sesaat sebelum babak pertama berakhir, ketika Oman nyaris menggandakan keunggulan mereka melalui tendangan bebas Ahmed Al Kaabi, namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh penjaga gawang Kirgistan, Tokotaev. 

Pada babak kedua Kirgistan lebih banyak determinasi dan berpikir mereka telah mengembalikan keseimbangan ketika umpan silang pemain pengganti Beknaz Almazbekov ke dalam kotak penalti disundul dengan rapi ke dalam gawang oleh penyerang Kojo, namun dianulir oleh VAR. 

Oman merespons lewat Salaah Al Yahyaei berlari di sayap kiri sebelum memberi Ghassani peluang tetapi bek Al Seeb terlalu lambat bereaksi, sehingga Tamirlan Kozubaev bisa mengamankan bola. Oman meningkatkan tekanan melalui upaya Abdul Rahman Al Mushaifri dan Arshad Al Alawi. 

BACA JUGA : Hasil Indonesia vs Libya: Skor 1-2, Skuad Garuda Kalah Beruntun

Akan tetapi Republik Kyrgyzstan justru berhasil mencetak gol pada menit ke-80, lewat Kojo memanfaatkan kesalahan Khalid Al Braiki untuk menyamakan kedudukan. Skor pun menjadi imbang 1-1, hasil ini sama-sama membuat keduanya tersingkir di Piala Asia 2023 dan justru menjadikan Timnas Indonesia sebagai pemenangnya untuk melaju ke babak 16 besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement