Advertisement

Ratusan Atlet Ramaikan Kejurnas Renang Pelajar dan Mahasiswa di Jogja

Yosef Leon
Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:47 WIB
Sunartono
Ratusan Atlet Ramaikan Kejurnas Renang Pelajar dan Mahasiswa di Jogja Suasana Kejurnas renang antar sekolah dan perguruan tinggi yang digelar di kampus UNY Jumat-Minggu (23-25/2/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com JOGJA—Ratusan atlet meramaikan gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) renang antar sekolah dan perguruan tinggi se Indonesia pada 23 sampai 25 Februari di UNY. Agenda yang digelar sejak 2007 itu diharapkan bisa memunculkan bibit-bibit atlet potensial di masa depan. 

Ketua Panitia Agus Supriyanto menjelaskan, ada sebanyak 884 peserta yang tersebar dari 28 provinsi di Indonesia ikut serta dalam kompetisi itu. Animo peserta sangat signifikan pada tahun ini lantaran tahun sebelumnya hanya diikuti oleh 12 provinsi seluruh Indonesia. 

Advertisement

"Jumlah nomor yang dilombakan ada 4.878 seri. Pada kelompok umur (KU) IV dan V ada nomor khusus 400 meter gaya ganti dan diambil 10 finisher putera dan puteri," katanya, Jumat (23/2/2024).

BACA JUGA : Viral Curhatan Atlet Renang Popkab Sleman, Begini Kronologi Polemiknya

Agus menambahkan, pada tahun ini nomor yang dilombakan juga ditambah dibandingkan tahun sebelumnya. Total ada sebanyak 337 SD, 171 SMP, 171 SMA, dan 16 kampus yang hadir pada Kejurnas tersebut. 

"Lomba ini akan punya satu nilai tambah bagi atlet usia muda untuk mencari sekolah lewat jalur prestasi dan juga berfungsi untuk pemutakhiran data di PB Aquatik Indonesia," jelasnya. 

Ketua Pengkab Aquatik Sleman Bambang Sigit Sulaksono menyebutkan, kompetisi ini sudah digelar sejak 2007 lalu yang diinisiasi oleh sejumlah klub renang di wilayah Jogja. Sejak 2017 pengelolaan kompetisi kemudian diambil alih oleh persatuan klub renang yang ada di Jogja dan lima tahun terakhir melibatkan Pemda setempat dalam hal pembiayaan. 

"Tahun ini nomor yang dijuarakan ditambah dengan jumlah peserta hampir 900. Semoga kegiatan ini terus berjalan karena agenda rutin dan ke depan agar lebih meriah dan pesertanya lebih banyak lagi dari sekolah dan kampus," katanya. 

BACA JUGA : Selesaikan Polemik Renang Popkab, Bupati Sleman Janji Evaluasi SDM

Pada kompetisi ini panitia menyiapkan sebanyak 10 piala dan uang pembinaan untuk perenang terbaik di KU I, II, III, IV dan V dan sektor putera dan puteri. Adapun pembagian KU tersebut yakni, KU I berusia 16 tahun dan di atasnya. KU II berusia 14 – 15 tahun, KU III usia 12– 13 tahun, KU IV usia 10 – 11 tahun dan KU V usia 9 tahun dan di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement