Advertisement

Mantap Pebalap F1 Wilson Fittipaldi Meningga Dunia di Usia 80 Tahun

Newswire
Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Mantap Pebalap F1 Wilson Fittipaldi Meningga Dunia di Usia 80 Tahun Mantan pembalap Formula 1 asal Brasil Wilson Fittipaldi meninggal dunia di Sao Paulo pada usia 80 tahun. Berita duka itu disampaikan melalui pengumuman yang disampaikan Konfederasi Otomotif Brasil (CBA) sebagaimana dilansir Antara dari AFP, Sabtu (24/2/2024). - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mantan pembalap Formula 1 asal Brasil Wilson Fittipaldi meninggal dunia di Sao Paulo pada usia 80 tahun. Berita duka itu disampaikan melalui pengumuman yang disampaikan Konfederasi Otomotif Brasil (CBA) sebagaimana dilansir Antara dari AFP, Sabtu (24/2/2024).

“Pada usia 80 tahun, Wilsinho meninggal dunia dengan tenang dan dikelilingi oleh semua cinta yang pantas dia dapatkan sepanjang hidupnya,” kata CBA dalam pengumuman tersebut.

Advertisement

Fittipaldi mengalami kondisi kesehatan yang kian memburuk sejak dibawa ke rumah sakit setelah tersedak daging saat makan malam Natal tahun lalu. Fittipaldi merupakan sosok yang menggabungkan bakat, visi masa depan, dan keberanian untuk mengibarkan bendera Brasil ke tingkat yang tidak terduga.

Wilson Fittipaldi membalap di Formula 1 pada 1970-an dan hanya mencetak tiga poin kejuaraan dalam 38 balapan. Ia merupakan kakak dari pembalap Emerson Fittipaldi yang dua kali memenangkan kejuaraan dunia.

Wilson pernah menempati posisi ketiga dalam balapan debutnya yaitu Grand Prix Brasil 1972. Meski mencatatkan hasil yang cukup impresif pada balapan pertamanya, performa tersebut tidak dapat ia pertahankan dan kontras dengan penampilan sang adik yang menjadi juara dunia termuda pada usia 25 tahun.

Rekor tersebut dipertahankan dengan baik oleh Emerson, sebelum akhirnya Fernando Alonso memecahkannya dengan menjadi juara dunia termuda di usia 24 tahun pada 2005. Pada dua kesempatan, Wilson berhasil mencetak poin bersama dengan sang adik, dan itu menjadikan mereka kakak-adik pertama yang mampu mengoleksi poin dalam balapan yang sama.

Pada 1974, Wilson memutuskan keluar untuk menciptakan tim balap Brasil dengan nama Copersucar-Fittipaldi. Namun, mobil dari tim ini dinilai tidak memenuhi ekspektasi dan tidak pernah naik podium, sebelum akhirnya tidak eksis lagi di awal 1980-an.

Wilson pun tetap berkecimpung di dunia balap dan merupakan ayah dari Christian Fittipaldi yang melakukan debutnya di Formula 1 pada 1992. Saat mencetak poin pertamanya di Grand Prix Jepang 1992, Wilson dan Christian Fittipaldi menjadi orang tua dan anak pertama yang sama-sama mencetak poin di ajang balap mobil kelas utama tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement