Advertisement

Bungkam Napoli 3-1, Barcelona Melaju ke Perempat Final Liga Champions

Newswire
Rabu, 13 Maret 2024 - 07:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Bungkam Napoli 3-1, Barcelona Melaju ke Perempat Final Liga Champions Pelatih Barcelona Xavi Hernandes melempa bola pada pemainnya, Lamine Yamal, dalam pertandingan Barcelona vs Real Madrid di Barcelona, Spanyol, Sabtu. - Antara\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA —Pada pertandingan leg kedua 16 besar di Estadi Olympic Lluis Company, Barcelona memastikan diri lolos ke perempat final Liga Champions setelah menang 3-1 atas Napoli, Selasa Rabu (13/3/2024).

Kemenangan tersebut membuat Barca memiliki keunggulan agregat 4-2, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama, demikian catatan laman resmi UEFA.

Advertisement

Jalannya pertandingan

Napoli mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu dan mendapatkan peluang pertama melalui pergerakan cepat Victor Osimhen yang menyusup ke barisan pertahanan Barca, untuk melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona memecah kebuntuan pada menit ke-15. Fermin Lopez yang menerima umpan tarik dari Robert Lewandowski, berhasil menyelesaikan peluang itu dengan melepaskan sepakan keras ke sudut kanan gawang Alex Meret.

Skor 1-0 hanya bertahan selama dua menit. Memasuki menit ke-17, Joao Cancelo menggandakan keunggulan tuan rumah, ketika Raphinha masuk ke kotak penalti Napoli untuk melepaskan sepakan yang membentur tiang gawang, bola pantul kemudian disambar Cancelo masuk ke gawang tim tamu.

Napoli kemudian mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-30. Matteo Politano mengirim assist yang diselesaikan dengan sepakan mendatar kaki kiri Amir Rrahmani menembus gawang yang dikawal Ter Stegen. 2-1 untuk keunggulan Barcelona.

Setelah berhasil memperkecil ketertinggalan itu, Napoli semakin bersemangat keluar menyerang. Peluang bagus mereka dapatkan tidak lama berselang dari umpan Mario Rui untuk disambut tandukan Giovanni Di Lorenzo, kiper Ter Stegen mesti bekerja keras untuk menggagalkan sundulan tersebut.

Menjelang turun minum, Barcelona banyak melancarkan tekanan terhadap tamunya. Namun pertahanan rapat Napoli mencegah gawang Alex Meret kemasukan lebih banyak, dan babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-1 untuk tuan rumah.

Kedua tim saling bergantian menyerang pada awal babak kedua. Khvicha Kvaratskhelia melepaskan tembakan jarak jauh yang melebar, sedangkan tembakan keras Raphinha dapat diblok kiper Alex Meret.

Dari satu situasi tendangan sudut, Barcelona sempat mencetak gol dengan memanfaatkan kemelut di mulut gawang lawan. Namun gol yang dicetak Lamine Yamal tersebut tidak disahkan karena offside.

Setelah itu dua kali Alex Meret mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak. Dalam durasi singkat, sang kiper menahan tembakan Ilkay Guendogan dari luar kotak penalti setelah itu ia memblok tembakan Raphinha.

Napoli memiliki peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Pemain pengganti Mathias Oliveira mengirim umpan silang melengkung, bola berhasil disundul Jesper Lindstrom yang tidak terkawal, namun sundulannya masih melebar.

Menjelang laga usai, atau tepatnya pada menit ke-83, Robert Lewandowski mengakhiri perjuangan Napoli. Melalui kerja sama apik, Barca berhasil membongkar pertahanan Napoli, dan mengakhirinya dengan umpan Sergi Roberto untuk dengan mudah dilesakkan Lewandowski. Gol itu sekaligus menjadi gol penutup pada laga tersebut.

Daftar susunan pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen, Jules Kounde, Ronald Araujo, Pau Cubarsi, Joao Cancelo, Fermin Lopez, Andreas Christensen, Ilkay Guendogan, Lamine Yamal, Robert Lewandowski, Raphinha.
Pelatih: Xavi Hernandes

Napoli: Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Juan Jesus, Mario Rui, Andre Zambo Anhuissa, Stanislav Lobotka, Hamed Traore, Matteo Politano, Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskheli.
Pelatih: Francesco Caizona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement