Advertisement

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Newswire
Senin, 15 April 2024 - 11:37 WIB
Maya Herawati
Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani Obor api Olimpiade / olympics.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Api Olimpiade akan dinyalakan di Olympia Selasa (15/4/2024) untuk estafet obor dari Acropolis ke Polinesia Prancis. Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 bakal dibuka 26 Juli 2024.

Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 memberlakukan pembatasan acara pada Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, penonton dapat menghadiri acara estafet obor.

Advertisement

Sekitar 600 pejabat diperkirakan akan menghadiri upacara pada hari Selasa, dipimpin oleh Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Acara tersebut akan menampilkan aktris-aktris yang berperan sebagai pendeta kuno yang menghidupkan api Olimpiade dengan bantuan cermin parabola yang dipoles di Olympia, barat daya Yunani, tempat Olimpiade lahir pada 776 SM. Mezzo soprano Amerika Joyce DiDonato akan membawakan lagu Olimpiade.

Acara tersebut akan dilakukan di reruntuhan Kuil Hera yang berusia 2.600 tahun, dan akan memulai estafet obor Olimpiade yang menandai hitung mundur Olimpiade.

Cuaca berawan diperkirakan akan terjadi pada Selasa, namun penyelenggara biasanya mengadakan gladi resik sehari sebelumnya sebagai tindakan pencegahan.

Obor tersebut mengingatkan kembali pada Olimpiade kuno, ketika api suci menyala sepanjang Olimpiade. Tradisi ini dihidupkan kembali pada 1936 untuk Olimpiade Berlin. Pelari estafet pertama adalah juara dayung Olimpiade Yunani 2020 Stefanos Douskos.

Mantan atlet renang Perancis Laure Manaudou, yang memenangi medali emas pertamanya di Olimpiade Athena 2004, diperkirakan akan menjadi pembawa obor pertama di Olympia.

BACA JUGA: Open House Lebaran Sultan HB X, Warga Akan Disuguhi Soto Ayam dan Aneka Jenang

Selama 11 hari estafet di tanah Yunani, ada sekitar 600 pembawa obor akan membawa api menempuh jarak 5.000 kilometer melalui 41 kota.

"Kami telah mempersiapkan program ini untuk Olimpiade Tokyo, tetapi pandemi tidak memungkinkan kami untuk melaksanakannya," kata ketua komite estafet obor Komite Olimpiade Hellenic, Thanassis Vassiliadis, seperti disiarkan AFP, dan dikutip Antara, Senin (15/4/2024).

Dia menambahkan bahwa tingkat keamanan pada acara penyalaan api akan dijaga "setinggi mungkin" dengan polisi yang "bijaksana namun hadir di mana-mana." "Tak seorang pun akan bisa masuk ke acara tanpa akreditasi," ujar Vassiliadis.

Dibawa dengan kapal

Api Olimpiade akan diserahkan kepada penyelenggara Paris 2024 dalam sebuah acara di Panathenaic Stadium yang seluruhnya terbuat dari marmer, tempat Olimpiade modern pertama tahun 1896, pada Jumat (26/4/2024). Nana Mouskouri, penyanyi Yunani berusia 89 tahun, diundang untuk tampil dalam acara tersebut.

Pada Sabtu (27/4/2024), api tersebut akan memulai perjalanannya ke Prancis dengan menaiki kapal yang dibuat pada abad ke-19, yang diluncurkan hanya beberapa pekan setelah Olimpiade Athena tahun 1896.

Kapal, yang melakukan perjalanan perdagangan ke Brazil, Guyana dan Hindia Barat selama hampir dua dekade, tersebut diperkirakan tiba di Marseille pada 8 Mei. Sepuluh ribu pembawa obor kemudian akan membawa api tersebut melintasi 64 wilayah Prancis.

Obor api akan melakukan perjalanan melalui 400 kota dan puluhan tempat wisata sejauh 12.000 kilometer perjalanan melalui daratan Prancis dan wilayah Prancis di luar negeri di Karibia, Samudera Hindia dan Pasifik.

Pada 26 Juli, obor api akan menjadi pusat upacara pembukaan Olimpiade Paris di sungai Seine -- yang merupakan pertama kalinya upacara pembukaan tidak diadakan di stadion utama Olimpiade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement