Advertisement

Melaju ke Semifinal, Jepang Singkirkan Qatar 4-2 di Perempatfinal Piala Asia

Newswire
Jum'at, 26 April 2024 - 01:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Melaju ke Semifinal, Jepang Singkirkan Qatar 4-2 di Perempatfinal Piala Asia Hasil pertandingan Qatar vs Jepang di Perempatfinal Piala Asia. Ist afcasiancup

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tuan rumah Qatar U-23 dikalahkan Timnas Jepang dengan skor 4-2 pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23 atau AFC Cup U-23 2024 di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Kamis (25/4/2024) malam WIB.

Pertandingan baru berjalan selama dua menit, Jepang langsung memperoleh keunggulan melalui sepakan gelandang Fuki Yamada.

Advertisement

Tertinggal 1-0, Qatar yang bertindak tuan rumah mencoba untuk menyamakan kedudukan. Menit ke-11, Jassem Gaber melepaskan tembakan yang masih melenceng dari gawang.

Baru pada menit ke-24, Qatar mampu menyamakan kedudukan melalui sundulan Ahmed Alrawi yang bisa menyelesaikan umpan silang dengan apik. Skor imbang 1-1.

Qatar harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-41 ketika penjaga gawang Yousef Abdullah keluar dari kotak penalti untuk menghalau pergerakan pemain Jepang.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit babak pertama ditiup.

Memulai babak kedua, Qatar memperoleh tendangan bebas. Melalui skema umpan silang, Jassem Gaber menyundul bola ke arah yang tidak dapat dijangkau oleh Leo Kokubo. Qatar unggul 2-1.

Jepang terus mendominasi pertandingan dengan menguasai 60 persen penguasaan bola. Namun barisan pertahanan Qatar yang membentuk garis pertahanan rendah membuat kesulitan Mao Hosoya dan kawan-kawan memperoleh gol penyama kedudukan.

Baru pada menit ke-67, melalui tendangan sudut sepakan Seiji Kimura di dalam kotak penalti tidak mampu dijangkau oleh Ali Nader Mahmoud. Skor imbang 2-2.

Bermain terus menekan pertahanan Qatar, Jepang tak kunjung memperoleh gol penentu kemenangan. Usai peluit babak kedua ditiup, pertandingan dilanjutkan dalam babak tambahan.

Memulai babak perpanjangan waktu pertama, Samurai Muda terus membombardir Qatar. Memanfaatkan umpan dari Ryotaro Araki, Hosoya yang terbebas dari penjagaan melepaskan sepakan yang membuat kedudukan berubah 3-2 untuk keunggulan Jepang.

Di penghujung babak perpanjangan waktu pertama tepatnya di menit ke-113, melalui skema tendangan sudut sepakan Sota Kawasaki yang terbebas dari penjagaan masih mampu dihalau lini belakang Qatar. Namun Kotaro Uchino yang memperoleh bola liar melepaskan sepakan untuk membawa Jepang unggul 4-2.

Di perpanjangan waktu babak kedua, kedua tim bermain lebih aman. Jepang kerap menggagalkan proses serangan Qatar di lini tengah.

Hingga peluit panjang ditiup, Jepang unggul 4-2 atas Qatar dan mengamankan tiket ke babak semifinal. Jepang kini tengah menunggu lawan di babak semifinal, antara Irak atau Vietnam yang akan melangsungkan pertandingan babak perempat final pada Jumat malam WIB.

Susunan pemain

Qatar U-23 (3-5-2) : Yousef Baliadeh (PG); Abdulla Al Ali, Mohamed Aiash, Hashemi Al Hussain; Saifeldeen Fadlalla, Mostafa Meshaal, Naif Al Hadhrami, Jassem Gaber, Abdullah Al Yazidi; Ahmed Al Rawi, Ali.

Jepang U-23 (4-2-3-1) : Leo Kokubo (PG); Sekine Hiroki, Kota Takai, Seiji Kimura, Ayumu Ohata; Joel Fujita, Rihito Yamamoto; Fuki Yamada, Kuryu Matsuki, Kein Sato; Mao Hosoya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Minta Masyarakat Waspada Penipuan Modus Visa Non Haji

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement