Advertisement

Final Euro 2024, Spanyol dan Inggris Sama-Sama Berkutat Hadapi Kutukan

Lukman Nur Hakim
Minggu, 14 Juli 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Final Euro 2024, Spanyol dan Inggris Sama-Sama Berkutat Hadapi Kutukan Final Euro 2024. - uefa.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Final Euro 2024 menghadirkan Timnas Spanyol vs Inggris di Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari, 02.00 WIB. Dua tim negara yang menjadi kiblat sepak bola dunia ini bakal adu tanding merebutkan gelar sebagai tim terbaik di Eropa.

Namun, untuk mencapai hal tersebut keduanya harus mengalahkan kutukan yang berada di tim mereka masing masing.

Advertisement

Spanyol datang ke babak Final Euro 2024 dengan statistik sempurna. La Furia Roja belum pernah terkalahkan sedari fase grup Euro 2024. Total, tim asuhan Luis de la Fuente ini berhasil melesatkan 13 gol dan hanya kemasukan 3 gol saja sepanjang babak fase grup hingga Semifinal.

Sebaliknya, Inggris meraih tiket Final Euro 2024 setelah berhasil mengandaskan Belanda di babal Semifinal. Adapun, langkah anak asuh Gareth Southgate di Euro 2024 tidak begitu sesempurna Spanyol. Pasalnya, pada Euro 2024 ini The Three Lions seakan diberkati keberuntungan dari Dewi Fortuna.

Pasalnya, sejak babak grup, Inggris tidak pernah dengan selisih gol banyak. Tercatat, Inggris hanya bisa memasukan 7 gol dan kemasukan 4 gol.

Terlebih, pada fase knock-out Inggris banyak memasukan gol pada menit akhir.

Kutukan Spanyol

Mulusnya jalan Spanyol ke babak Final Euro 2024 dipandang masyarakat awam sebagai langkah pasti La Furia Roja akan merengkuh gelar Euro 2024.

Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan kutukan yang mereka terima lepas babak Perempat Final melawan tuan rumah Jerman. Pasalnya, dalam 3 edisi Euro terakhir tim yang mengalahkan Jerman kesulitan menjadi juara pada akhir perlombaan.

Tercatat, Italia pada Euro 2012, Prancis pada Euro 2016, dan Inggris pada tahun Euro 2020 menjadi korban kutukan Jerman. Italia yang pada Euro 2012 bermain apik saat melumat Jerman 2-1 di Semifinal, harus takluk 4-0 saat jumpa Italia di Final Euro 2012.

Pada 2016, Prancis yang bermain sebagai tuan rumah berhasil berhasil menang mudah atas Jerman lewat brace Antoine Griezmann. Sayangnya, pada babak Final Les Blues tumbang dari Portugal dengan skor 1-0.

BACA JUGA: Final Euro 2024, Spanyol Diunggulkan 60-40 dari Inggris

Terakhir, kedigdayaan Inggris pada Euro edisi 2020 berakhir tragis dengan kalah di Final lewat babak adu penalti.

Sebelum babak Final, Inggris sempat mengalahkan Jerman di babak 16 besar dengan skor 2-0. Meksi Spanyol mendapatkan kutukan jelang Final Euro 2024, Inggris tak boleh sesumbar akan memenangkan pertandingan.

Kutukan Inggris

Pasalnya, Inggris pun saat ini masih dihantui bayang bayang kutukan nirgelar dari sang penyerang yaitu Harry Kane.

Kane merupakan pemain depan andalan yang dimiliki oleh The Three Lions. Tetapi Kane seakan mendapat kutukan tak bisa merengkuh gelar baik di level klub maupun Timnas. Tercatat, dari lima partai Final yang dimainkan oleh Kane, kelimanya berakhir kelima tim yang dibelanya hanya menduduki peringkat kedua atau runner-up.

Teranyat, Kane yang pindah ke Bayern Munchen tidak dapat membawa dirinya mendapatkan satu pun gelar.

Munchen hanya berhasil finis di posisi ketiga yang dalam lima tahun kebelakang selalu menjadi jawara dari Bundesliga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement