Advertisement

Hasil Spanyol Vs Inggris di Final Euro 2024: Skor 2-1 Tim Matador Juara, Gol Williams dan Mikel Oyarzabal Jadi Penentu

Taufan Bara Mukti & Ujang Hasanudin
Senin, 15 Juli 2024 - 04:37 WIB
Ujang Hasanudin
Hasil Spanyol Vs Inggris di Final Euro 2024: Skor 2-1 Tim Matador Juara, Gol Williams dan Mikel Oyarzabal Jadi Penentu Euro 2024 - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Timnas Spanyol memastikan diri juara Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1. Dua gol Spanyol tercipta lewat Nico Williams dan Mikel Oyarzabal. Kemenangan Tim Matador ini untuk keempat kalinya di Piala Eropa

Laga final Euro 2024 Spanyol dan Inggris  ini terselenggara di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Senin (15/7/2024) dini hari, pukul 02.00 WIB.

Advertisement

Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, Spanyol langsung melakukan pergantian pemain dengan menarik Rodri untuk Martin Zubimendi.

Hasilnya, baru 2 menit babak kedua berjalan, Nico Williams membuat pendukung Spanyol bersorak lewat golnya.

Menerima umpan Lamine Yamal, Nico Williams melepaskan sepakan kaki kiri yang tak bisa dihalau kiper Inggris Jordan Pickford.

Dani Olmo nyaris menggandakan keunggulan Spanyol 2 menit berselang. Dari posisi yang sama dengan gol Nico, sepakan Olmo masih melebar.

Inggris yang tertinggal 1 gol masih mempertahankan skema yang sama dengan tempo permainan pelan.

Spanyol justru mendapat momentum untuk menggempur pertahanan Inggris. Alvaro Morata mendapat peluang pada menit ke-56, disusul tembakan Nico yang melebar.

Pada menit ke-61 The Three Lions memasukkan penyerang Ollie Watkins menggantikan Harry Kane yang terisolir dan sulit mendapatkan peluang.

Jude Bellingham melepaskan tembakan kaki kiri yang kencang pada menit ke-64. Hanya saja tendangannya belum terarah.

Bocah ajaib Spanyol Lamine Yamal mampu meloloskan diri dari pengawalan bek Inggris pada menit ke-67. Namun sepakannya bisa ditepis Pickford.

Pemain pengganti Inggris lainnya, Cole Palmer, mencetak gol penyeimbang pada menit ke-73.

Berawal dari skema serangan balik, Bukayo Saka menyodorkan bola kepada Jude Bellingham. Bola berbelok keluar kotak penalti dan langsun disambar Palmer dengan sepakan terukur. 1-1 Inggris menyusul.

Pasca mencetak gol, motivasi pemain Inggris terlihat bertambah besar. Dimotori Saka dari sisi kanan, kombinasi serangan Inggris terlihat berbahaya.

Spanyol pun tak mau kalah. Juara Euro 3 kali ini pun mencoba membongkar pertahanan Inggris dengan aksi individu dari sayap.

Peluang emas didapatkan Lamine Yamal pada menit ke-82. Kerja sama Olmo dan Nico menemui Yamal yang berdiri bebas di kotak penalti. Nahas bagi Spanyol, sepakan Yamal bisa dimentahkan Pickford.

BACA JUGA: Hasil Spanyol Vs Inggris Final Euro 2024: Babak Pertama Skor 0-0

Empat menit jelang waktu normal berakhir Mikel Oyarzabal kembali membawa Tim Matador unggul.

Umpan silang matang dari Marc Cucurella berhasil dicocor oleh Oyarzabal yang menyongsong di depan gawang. Spanyol memimpin, 2-1.

Inggris bermain lebih menyerang pasca tertinggal untuk kedua kalinya. Striker Ivan Toney pun dimasukkan untuk menambah daya gedor.

Peluang emas didapatkan Tim Tiga Singa. Sepak pojok Cole Palmer ditanduk Declan Rice dan Toney, namun Olmo melakukan penyelamatan gemilang dengan membuang bola di depan garis gawang.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit Francois Letexier meniup peluit panjang. Spanyol menang 2-1 atas Inggris dan berhak menjadi juara Euro 2024.

Dengan hasil ini, Tim Matador menjadi negara dengan gelar Euro terbanyak yakni sebanyak 4 trofi.

Susunan Pemain Spanyol vs Inggris

Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz; Nico Williams, Dani Olmo, Lamine Yamal; Alvaro Morata.

Pelatih: Luis de la Fuente

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi; Luke Shaw, Declan Rice, Kobbie Mainoo, Bukayo Saka; Phil Foden, Jude Bellingham; Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement