Advertisement

Jadi Salah Satu Venue Porda DIY 2025, Stadion Handayani Direhab dengan Dana Rp5,8 Miliar

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 04 Agustus 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Jadi Salah Satu Venue Porda DIY 2025, Stadion Handayani Direhab dengan Dana Rp5,8 Miliar Peletakan baru pertama proyek perbaikan Stadion Handayani di Padukuhan Jeruksari, Wonosari, Gunungkidul, Jumat, (2/8/2024). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul segera memperbaiki empat lokasi pertandingan atau venue Porda XVII DIY 2025. Total dana yang dikucurkan Pemkab sekitar Rp7,5 miliar untuk tahun anggaran (TA) 2024. Penentuan lokasi pertandingan telah ditetapkan Pemkab bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY tahun lalu.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Gunungkidul, Supriyanto mengatakan ada 29 titik atau lokasi pertandingan untuk Porda XVII DIY 2025. Di Gunungkidul, KONI DIY memilih empat lokasi pertandingan. Keempat venue itu antara lain Stadion Handayani, lapangan voli pasir di Wonosari, lapangan tenis di Sewokoprojo, dan panjat tebing di SMA 2 Playen. 

Advertisement

Supriyanto mengatakan anggaran terbesar adalah untuk perbaikan Stadion Handayani sebesar Rp5,8 miliar. Upaya perbaikan stadion tersebut sudah dimulai sejak 25 Juli 2024. Target penyelesaian yaitu pada 20 November 2024. Dengan adanya rehab, Pemkab menutup sementara Stadion Handayani untuk aktivitas olah raga.

Perbaikan Stadion Handayani juga menyasar rumput stadion yang nantinya diganti dengan rumput Cynodont dactylon. Rumput ini dipilih dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan iklim di Gunungkidul. Rumput jenis itu juga dipakai di Lapangan Kepek Raya, Wonosari.

BACA JUGA: Pemkab Gunungkidul Anggarkan Rp8,1 Miliar Untuk Rehabilitasi Venue PORDA XVII DIY 2025

Begitu pula dengan lintasan lari di Stadion Handayani juga akan diperbaiki. Adapun, tribun yang akan dibuat simetris antartribun. Selain itu ada perbaikan untuk kamar ganti pemain, kamar mandi, ruang pers, keamanan, dan medis. “Atas kebijakan Pak Bupati. Perbaikan Stadion Handayani menjadi proyek strategis nomor satu. Penganggarannya pun lewat dana alokasi umum,” kata Supriyanto ditemui di Stadion Handayani, Jumat (2/8/2024).

Disinggung perihal fasilitasi untuk atlet kabupaten/kota lain, Supriyanto mengaku Pemkab hanya menyediakan sekretariat. Adapun akomodasi tempat tinggal ditanggung oleh pengirim. “Kami hanya memberi akomdasi atlet kami sendiri,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan Pemkab berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki lokasi pertandingan. “Tetapi tidak semua pertandingan cabang olahraga dilakukan di Gunungkidul. Dinas Kepemudaan dan Olahraga akan berkoordinasi dengan KONI Gunungkidul lagi. Tidak semua lokasi untuk pertandingan adan sini,” kata Sunaryanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Merapat ke Koalisi Prabowo? Puan: Tak Ada yang Tak Mungkin

News
| Selasa, 24 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement