Advertisement

Lestarikan Tradisi, PSIM Ziarah ke Makam Raja-Raja Jelang Bergulirnya Liga 2

Yosef Leon
Jum'at, 06 September 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Lestarikan Tradisi, PSIM Ziarah ke Makam Raja-Raja Jelang Bergulirnya Liga 2 Skuad PSIM Jogja bersama jajaran pelatih dan staf tim foto bersama setelah melaksanakan ziarah di Makam Raja-Raja Imogiri dan Kotagede, Kamis (5/9/2024) malam. - Istimewa/PSIM Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rombongan PSIM Jogja menggelar ziarah ke makam raja-raja di Kotagede dan Imogiri, Kamis (5/9/2024) malam WIB. Tradisi ini merupakan aktivitas rutin yang dilakukan setiap tahun jelang bergulirnya kompetisi. 

Tujuannya, selain untuk mempererat ikatan tim dan refleksi diri, ziarah ini juga menjadi kesempatan bagi para pemain untuk lebih mengenal budaya dan sejarah Jogja.

Advertisement

Laskar Mataram tiba di makam raja-raja di Kotagede sesaat sebelum adzan Maghrib berkumandang. Pemain dan rombongan menunaikan salat terlebih dahulu, sebelum melakukan rangkaian ziarah di sana. 

Edgard Amping, salah satu pemain yang baru kali pertama melakukan ziarah di sini, mengungkapkan rasa antusiasnya. “Rasanya antusias. Pengin tahu juga, jadi pengalaman baru. Bisa mengenal lebih dalam budaya di Jogja,” ujar pemain asal Mamuju itu.

Kegiatan ziarah di lokasi pertama ini berakhir sekitar pukul 19.45 WIB. Rombongan Laskar Mataram langsung beranjak menuju tempat kedua, yakni makam raja-raja di Imogiri. Perjalanan menuju ke sana membutuhkan waktu sekitar setengah jam. 

Ketika tiba di makam raja-raja Imogiri, pemain melaksanakan Salat Isya terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka langsung berganti baju adat di sana dan melakukan foto bersama terlebih dahulu sebelum masuk ke area makam raja-raja Imogiri.

Suasana hening dan sakral terasa ketika mereka akan mulai melakukan serangkaian kegiatan ziarah di dalam area makam.

BACA JUGA: Lengkapi Kuota Pemain U-21, PSIM Jogja Datangkan Eks Pemain Timnas U-16

Yusaku Yamadera, pemain asal Jepang, mengaku sangat senang karena bisa merasakan kesempatan berziarah kali ini. “Rasanya campur aduk. Ini adalah pengalaman pertama saya ke sini dan saya tidak tahu harus melakukan apa. Hanya bingung. Namun, saya sangat antusias. Saya juga sangat senang berasa di sini untuk melakukan tradisi ini. Saya sangat mengapresiasi kesempatan yang luar biasa dan jarang saya dapatkan ini,” ungkap Yusaku.

Pelatih Kepala PSIM Jogja, Seto Nurdiyantoro mengatakan, ziarah ke makam raja-raja ini merupakan tradisi yang selalu membuatnya rindu. “Tentunya ada rasa perjalanan tersendiri. Walaupun sering ke sini, tapi selalu merindukan hal-hal seperti ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya juga melihat makna utama kegiatan ini bagi para pemain, terutama yang baru pertama kali mengikuti ziarah. “Ini pengalaman yang pertama untuk sebagian pemain. Kita mendoakan leluhur. Intinya seperti itu. Ini mengingatkan kita bahwa suatu saat kita juga akan meninggal,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.984 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Sepanjang 2024

News
| Senin, 16 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement