Advertisement

13 Atlet Panjat Tebing DIY Berebut Medali di PON Aceh-Sumut

Yosef Leon
Minggu, 08 September 2024 - 14:37 WIB
Sunartono
13 Atlet Panjat Tebing DIY Berebut Medali di PON Aceh-Sumut Atlet panjat tebing asal DIY dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut beberapa waktu lalu. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 13 atlet panjat tebing DIY berjuang keras untuk merebut medali dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Perjuangan mereka dimulai dengan nomor combine yang digelar Kamis (5/9) di venue panjat tebing kompleks stadion Harapan Bangsa, Aceh.

Terdiri dari enam atlet putra dan tujuh atlet putri, 13 atlet ini akan berjuang memperebutkan 48 medali dari 16 nomor yang dilombakan. Namun, perjuangan mereka tentu saja tidak mudah karena harus bersaing dengan 400 lebih atlet dari 26 provinsi.

Advertisement

Pada nomor combine, DIY menurunkan empat atlet. Keempat atlet masing-masing Sukma Lintang Cahyani dan Taqiyya Nur Azizah yang turun di nomor combine putri dan Andika serta M Farry Arrahman di nomor combine putra.

BACA JUGA : Ratusan Atlet Berlaga di PON 2024, Begini Harapan Bupati Sleman

Manager tim panjat tebing DIY Amar Syah mengatakan, pihaknya berharap para atlet bisa fokus sehingga bisa memberikan penampilan terbaik. "Atlet sudah berlatih keras. Ini adalah waktu bagi mereka untuk membuktikan diri," ungkap Amar, Minggu (8/9/2024). 

Nomor combine sendiri diadopsi dari nomor combine yang dilombakan di olimpiade Paris di mana pada nomor ini setiap atlet wajib menyelesakan jalur boulder dan lead. Penilaian dilakukan dengan menggabungkan poin yang diraih dari kedua jalur tersebut.

Selain nomor combine, pada PON XXI Aceh-Sumut kali ini, cabor panjat tebing juga memperebutkan medali untuk 15 nomor lain. Nomor tersebut meliputi lead, boulder, speed dan nomor lain. Khusus untuk nomor speed, selain melombakan nomor speed world record perorangan putra-putri, juga ada speed relay putra-putri serta nomor speed classic.

Cabang olahraga panjat tebing sendiri secara resmi dibuka Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid, Jumat (6/9) sore.  

BACA JUGA : KONI DIY Siapkan Bonus Ratusan Juta Tiap Atlet Peraih Medali PON XXI

"Veddriq [Leonardo] meraih emas pada PON di Papua. Lalu kemudian berhasil meraih emas di Olimpiade Paris. Saya berharap PON bisa menjadi titik balik untuk atlet-atlet kita berprestasi di level internasional," ungkap Yenny Wahid.

Daftar Atlet Panjat Tebing DIY:

Atlit Putri

1. Sukma Lintang Cahyani
2. Taqiyya Nur Azizah
3. Amelia Windi Ariesta
4. Naurah Jinan Syarifah
5. Rahmayuna Fadillah
6. Nurma Anjani
7. Ansya Syira Aswa Aurora Suradi

Atlit Putra

1. Seto
2. Ramaski Aswin Kristanto
3. Febry Yudiansyah 
4. Surya Agung Pangestu 
5. M.Fary Arrahman
6. Andika

Pelatih dan Offiicial

1. Sultoni Sulaiman
2. Rian Windi Atmaja
3. Joko Sugianto
4. Topan Faizal Rizal
5. Amar Syah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,1 Guncang Papua

News
| Selasa, 17 September 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement