Advertisement

Pertamina Siapkan Pebalap Indonesia Berlaga ke MotoGP

Newswire
Sabtu, 28 September 2024 - 21:37 WIB
Sunartono
Pertamina Siapkan Pebalap Indonesia Berlaga ke MotoGP Sirkuit MotoGP Argentina. - Dok. MotoGP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Lubricants menegaskan komitmen untuk mempersiapkan pebalap Indonesia menuju pentas MotoGP dengan menggemblengnya dalam sebuah akademi bermitra dengan VR46 Riders Academy.

"Kami sudah memiliki daftarnya (pembalapnya-red). Mudah-mudahan (detailnya-red) dapat kami umumkan pekan depan di Jakarta," ujar Vice President Marketing PT Pertamina Lubricants Nugroho Setyo Utomo di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu.

Advertisement

Nugroho melanjutkan, secara umum akademi itu akan diikuti pembalap-pembalap muda Indonesia yang tampil menonjol di beberapa kejuaraan. Salah satu kompetisi yang disebutnya dipantau secara ketat adalah kejuaraan nasional balap motor Pertamina Mandalika Racing Series.

Menurut Nugroho, ada aspek-aspek yang dilihat dari pembalap muda agar dapat mengikuti akademi tersebut mulai dari teknik, fisik hingga mental. Hal ini, dia menambahkan, terus dibahas dengan VR46 Riders Academy. Perumusan syarat tersebut dipandang penting karena MotoGP merupakan kompetisi yang membutuhkan banyak potensi dari seorang pembalap lantaran besarnya tekanan di sana.

"Kami ingin pembalap muda berkembang dan memiliki kemampuan yang komplet, termasuk soal public speaking [berbicara di depan umum]," kata Nugroho.

Dia memaparkan, akademi pengembangan pembalap muda dari Pertamina Lubricants nantinya sebagian besar diadakan di Indonesia. Pertamina Lubricants pun akan mendatangkan pembalap-pembalap jebolan VR46 Riders Academy seperti Francesco Bagnaia, Luca Marini, Marco Bezzechi, dan Franco Morbidelli.

Kemudian, Pertamina Lubricants pun berencana membuat semacam pelatihan singkat atau summer camp untuk pembalap di akademi mereka yang diadakan di Italia bersama VR46 Riders Academy.

"Fokus kami memang bagaimana pembalap itu dapat tampil di MotoGP walau nanti ada langkah-langkah yang mesti diamati," kata Nugroho.

Kerja sama pengembangan pembalap muda Indonesia menjadi salah satu bentuk kemitraan antara Pertamina Lubricants dengan VR46 Racing Team yang mulai berjalan pada 2024.

Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama dari tim MotoGP VR46 Racing Team mulai 2024 dengan durasi kemitraan selama tiga musim via merek dagang pelumas Pertamina Enduro sehingga nama tim tersebut menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

VR46 Racing Team dan juga VR46 Riders Academy merupakan tim balap motor milik Valentino Rossi, pemegang tujuh gelar juara dunia MotoGP, dan berbasis di Italia. VR46 Riders Academy dikenal mampu menelurkan pembalap-pembalap mumpuni, salah satunya adalah Francesco Bagnaia yang berhasil merebut dua gelar juara dunia MotoGP yakni pada 2022 dan 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement