Advertisement

Museum MotoGP Pertama Diresmikan di Mandalika

Newswire
Sabtu, 28 September 2024 - 22:47 WIB
Sunartono
Museum MotoGP Pertama Diresmikan di Mandalika Ilustrasi Motogp - Foto Diolah menggunakan AI - StokCake

Advertisement

Harianjogja.com, MANDALIKA—Museum MotoGP pertama di dunia diresmikan di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu.

Direktur Pemasaran dan Program dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan peresmian Pertamina MotoGPTM Experience Gallery ini tidak hanya memperkokoh posisi Mandalika sebagai destinasi balap internasional, tetapi juga memberikan kontribusi besar bagi sektor pariwisata di Lombok Tengah.

Advertisement

"Galeri ini diharapkan menarik minat wisatawan domestik maupun internasional, namun juga menjadikan Mandalika sebagai tujuan wisata olahraga dan hiburan yang menyeluruh sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia kepada dunia secara lebih luas," ujarnya.

Pertamina sebagai pendukung utama Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2024, berkomitmen dalam mendukung perkembangan ekosistem pariwisata di Indonesia melalui kolaborasi strategis.

"Kami bangga menjadi bagian dari momen bersejarah ini. Kehadiran museum ini tidak hanya memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit sebagai destinasi balap kelas dunia, tetapi juga sebagai pusat edukasi dan informasi sejarah perkembangan dunia balap motor," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Menurutnya keberadaan Museum ini selaras dengan visi Pertamina untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia, termasuk dalam sektor pariwisata dan olahraga.

Pertamina MotoGP Experience Gallery menawarkan berbagai memorabilia dari dunia MotoGP, seperti helm, mini bike, dan barang-barang ikonik lainnya yang pernah digunakan oleh para pembalap. Selain itu, berbagai instalasi dan aktivitas digital interaktif di Kids Corner (Race With Wheelie) dan juga augmented reality di maket sirkuit di area 'The Twists and Turns' serta miniatur laboratorium dari Pertamina.

"Kehadiran galeri ini tidak hanya memperkaya pengalaman pengunjung selama balapan berlangsung, tetapi juga bisa menjadi magnet wisata sepanjang tahun," katanya.

Direktur Utama ITDC Ari Respati, mengatakan bahwa galery ini akan menjadi warisan penting bagi dunia otomotif, khususnya MotoGPTM. 'MotoGPTM adalah salah satu ajang olahraga terbesar di dunia, dan kehadiran PT Pertamina sebagai sponsor utama merupakan wujud dari kontribusi dan kolaborasi bersama dalam memperkuat citra Indonesia di panggung internasional.

"Museum ini akan menjadi ikon baru yang tidak hanya menarik wisatawan global, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional melalui industri pariwisata dan ajang olahraga berskala internasional," ucapnya.

Dari segi tata ruang, museum ini memiliki beberapa galeri utama, di antaranya South Gallery yang berfungsi sebagai ruang serbaguna dengan kapasitas hingga 50 orang. Sementara itu, North Gallery di Pertamina MotoGP Experience Gallery menyuguhkan pengalaman mendalam tentang dunia MotoGPTM dengan berbagai zona interaktif dan informatif.

Pengunjung dapat melihat kecepatan ekstrem motor MotoGP di area "Up-to 366.1 kilometer per jam" dan merasakan keseruan di "kids corner," sebuah aktivasi edukasi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Program ini merupakan Intellectual Property (IP) dari Dorna, melalui instalasi interaktif di galeri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement