Advertisement

Jateng Juara Umum Peparnas 2024, Bonus Disamakan dengan Atlet PON

Media Digital
Minggu, 13 Oktober 2024 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
Jateng Juara Umum Peparnas 2024, Bonus Disamakan dengan Atlet PON Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana di acara Farewell Dinner Peparnas XVII di Keraton Kasunanan Surakarta pada Sabtu, 12 Oktober 2024. - Ist

Advertisement

SURAKARTA - Kontingen Jawa Tengah dipastikan menjadi juara umum pada perhelatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Solo Raya.

Hingga Sabtu, 12 Oktober 2024 pukul 23.00 WIB, kontingen Jateng memperoleh 406 medali, teridiri dari 161 emas, 121 perak, dan 124 perunggu. Perolehan tersebut lebih unggul dibandingkan dengan perolehan kontingen lainnya.

Advertisement

"Saya mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada tim kontingen Jateng yang selama satu minggu berjibaku, dan akhirnya keluar sebagai juara umum, ini sesuai dengan komitmen awal kami,” kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana usai acara Farewell Dinner Peparnas XVII di Keraton Kasunanan Surakarta pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Atas prestasi itu, Pemprov Jateng akan memberikan bonus kepada para atlet yang memperoleh medali, yang nilainya sama dengan bonus atlet Pekan Olahraga Nasional (PON). Rinciannya, untuk peraih medali emas perorangan sebanyak Rp250 juta, perak sebanyak Rp125 juta, dan perunggu sebanyak Rp62,5 juta.

“Jadi tidak ada perbedaan bonus antara atlet PON dengan Peparnas, bonus tetap sama, tidak ada perbedaan,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Nana menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memercayakan pelaksanaan Peparnas di Solo Raya Jawa Tengah. Ia juga memberikan penghargaan kepada panitia pusat dan daerah, atlet, official, dan sukarelawan. Mereka telah berkontrinsi terhadap kesuksesan penyelenggaraan Peparnas ini.

BACA JUGA: Jateng Puncaki Klasemen Sementara Peparnas 2024, Bersaing Ketat dengan Jabar

“Selama pelaksanaan perhelatan, semuanya berjalan dengan lancar, baik, dan kondusif. Penyelenggaraan ini secara umum berjalan sukses,” kata dia.

Dikatakan Nana, dipilihkannya Jateng sebagai tuan rumah tidak hanya memotivasi dalam hal penyelenggaraan, tapi juga mampu menumbuhkan perekonomian warga. Terbukti dengan penuhnya hunian hotel, begitu juga dengan menggeliatnya UMKM dan sektor transportasi.

Nana berharap, para atlet Jateng ini bisa berkiprah di ajang kompetisi tingkat nasional. Pihaknya akan terus meningkatkan pembinaan, untuk mencari bibit-bibit atlet baru.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peparnas XVII, DB Susanto menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut, termasuk Pj Gubernur Jawa Tengah.

“Kalau ada kekurangan dalam pelaksanaan, akan kami evaluasi untuk perbaikan kedepan,” kata dia.

Menurut Susanto, penyelenggaraan Peparnas ini sebagai wujud kehadiran negara untuk menjajarkan olahraga, yang tidak hanya untuk non disabilitas, tapi juga untuk penyandang disabilitas yang sama-sama bisa meraih prestasi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pimpinan DPR Gelar Silaturahmi Kebangsaan Serahkan Undangan Pelantikan

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement